Selasa, 01 Januari 2019

Penyebab Smartphone Android Lemot

Penyebab Smartphone Android Lemot
Photo Credit: Pexels | Pixabay

Bagi pemilik HP smartphone android, pasti semua pernah merasakan lemot. Tentu sangat menjengkelkan apabila penurunan performa tersebut terjadi ketika kita sedang membutuhkan perangkat tersebut di waktu yang penting sekali seperti sedang main games, menonton video, aktifitas social media dan lain-lain.

Tetapi banyak sekali pengguna smartphone android tidak mau mencari tahu penyebab gadget mereka bisa mengalami penurunan performa atau lemot seperti itu. Mereka cenderung pasrah dan pilihan satu-satunya adalah pergi ke gerai hp untuk memperbaiki ponselnya. Padahal, banyak sekali manfaat apabila seorang pengguna smartphone android mengetahui sumber masalah tersebut. Salah satunya adalah dapat mengatasi penurunan performa tersebut sendiri.

Melihat betapa pentingnya masalah ini, gakmutu.com  akhirnya merangkum beberapa alasan yang menyebabkan smartphone android kita mengalami penurunan performa atau lemot. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya di bawah ini:

Aplikasi yang Berjalan di Background


Maksud dari permasalahan ini yaitu ada beberapa aplikasi bawaan atau yang kita download dari playstore masih tetap berjalan meskipun kita sudah ada di homescreen. Perlu diingat bahwa setiap aplikasi yang berjalan pasti akan memakan ram dan setiap android pasti memiliki batas maksimal ram. Semakin banyak konsumsi ram, maka semakin berat juga performa android kita sehingga menyebabkan lemot. Jadi jangan bingung ketika anda berfikir sudah mematikan semua aplikasi tetapi android anda masih lemot. Mungkin penyebabnya adalah banyaknya aplikasi yang masih berjalan di background tanpa anda ketahui.

Memori Penuh


Beberapa device mengalami penurunan performa ketika memori internal mencapai 80%. Misalnya android jadul yang memiliki kapasitas memori yang sangat kecil. Google selalu melakukan update aplikasi yang makin kesini makin bertambah ukurannya. Sehingga android jaman dulu terpaksa hengkang karena tidak mampu menampung data aplikasi terbaru yang memakan banyak sekali penyimpanan.

Sekarang banyak sekali aplikasi yang memiliki ukuran sangat besar sehingga menyebabkan memori internal kita penuh. Data foto, musik, dokumen, juga berperan tinggi terhadap isi dari penyimpanan android.

Cache yang Menumpuk


Dan satu lagi hal penting yang menyebabkan memori penuh sehingga smartphone android kita lemot adalah cache yang menumpuk. Cache adalah data yang digunakan oleh aplikasi tertentu yang disimpan di penyimpanan sementara dan bertujuan untuk memperlancar kinerja aplikasi. Fungsi dari cache ini bisa diperhatikan ketika kita membuka aplikasi untuk yang pertama kalinya dan yang kedua kalinya. Pasti percobaan yang kedua lebih cepat dari pada yang pertama. Karena saat anda membuka aplikasi yang pertama, dibuatlah cache yang kemudian disimpan di penyimpanan sementara. Dan cache tersebut bekerja ketika kita membuka aplikasi untuk yang kedua, ketiga dan seterusnya.

Gakmutu.com meletakkan sub-topik cache berbeda dengan memori penuh di atas karena banyak sekali yang tidak tahu apabila cache juga cukup berpengaruh terhadap kapasitas memori meskipun tidak signifikan.

Aplikasi yang Tidak Berguna


Bagi pengguna baru android, pasti ada hasrat ingin mencoba aplikasi-aplikasi yang ada di playstore karena rasa keingintahuan pemilik smartphone. Mereka tidak sadar apabila hal tersebut bisa saja merugikan bagi HP mereka. Pengguna lama smartphone android pun juga tidak luput dari kesalahan ini. Banyak aplikasi yang mereka tidak hapus padahal tidak selalu digunakan bahkan tidak penting. Kelalaian ini merupakan salah satu penyebab memori android penuh yang berakibat lemot.

Demikianlah beberapa alasan yang menyebabkan smartphone android anda lemot menurut pengalaman gakmutu.com. Kesimpulan yang bisa diambil dari artikel kali ini adalah banyaknya aplikasi yang anda gunakan bisa membuat ram dan penyimpanan android anda penuh dan mengakibatkan penurunan performa atau lemot. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca maupun penulis.


EmoticonEmoticon