Senin, 07 Januari 2019

Cara Paling Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Tips Paling Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot
Photo Credit: TeroVesalainen | Pixabay

Setiap pengguna smartphone android pasti akan merasakan lemot pada gadget mereka meskipun perangkat tersebut dilengkapi dengan ram yang berukuran tinggi sekalipun. Hal tersebut tentu saja bisa sangat menjengkelkan sekali di situasi tertentu, seperti ketika kita sedang bermain game, menonton video, dan saat melakukan aktifitas bisnis.

Sumber permasalahan yang mengakibatkan android kita lemot bisa datang dari beberapa faktor yaitu seperti penyimpanan internal maupun eksternal hampir penuh, tingginya konsumsi ram, dan banyaknya aplikasi yang masih berjalan di background. Anda tidak perlu khawatir jika permasalahannya timbul karena hal-hal tersebut karena masih bisa diatasi dengan sangat mudah. Namun masalah akan jauh berbeda apabila mesin atau hardware dalam gadget lah yang menyebabkan lemot terjadi

Dan kali ini gakmutu.com akan mencoba membantu anda semuanya mengatasi smartphone android yang lemot dengan menggunakan cara yang paling mudah. Sebelum kita masuk ke pembahasan yang pertama, pastikan semua peralatan sudah disiapkan seperti perangkat android, dan juga kuota internet atau wifi. Karena anda akan membutuhkan beberapa aplikasi nantinya.

1. Restart Smartphone


Hal pertama yang perlu dicoba adalah lakukan booting ulang atau restart pada android anda. Metode satu ini sering sekali dipraktekkan oleh kebanyakan orang karena langkah ini bertujuan untuk mengistirahatkan mesin walau hanya sementara atau dengan kata lain seperti menyegarkan kembali. Tidak hanya makhluk hidup, mesin pun juga perlu beristirahat sejenak.

2. Update System

Tips Paling Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Dalam melakukan update system atau pembaruan sistem, pihak developer pada umumnya memperbaiki bug atau masalah pada versi OS sebelumnya. Selain itu, tidak jarang juga mereka meningkatkan kinerja android agar bisa bekerja lebih optimal dan lemot bisa diminimalisir. Maka dari itu sangat penting sekali untuk selalu melakukan update sistem.

3. Periksa Memori

Tips Paling Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Pernah saya membaca sebuah artikel teknologi yang membahas tentang penyebab apa saja yang membuat smartphone android kita lemot. Dan salah satu diantaranya adalah memori internal yang menyimpan 80% data akan merasakan dampak tersebut. Tips dari gakmutu.com adalah untuk selalu menyimpan data yang tidak sering digunakan namun masih penting ke laptop atau ke penyimpanan online seperti google drive.

4. Hapus Cache

Tips Paling Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan penyebab android lemot, Cache adalah data yang digunakan oleh aplikasi tertentu yang disimpan di penyimpanan sementara dan bertujuan untuk memperlancar kinerja aplikasi. Semakin banyak dan lama aplikasi yang kita gunakan, maka semakin banyak pula cache yang menumpuk.

Cara yang paling mudah untuk menghapus cache di dalam penyimpanan kita adalah dengan menggunakan aplikasi. Banyak sekali di playstore jenis-jenis aplikasi tersebut. Cukup dengan mengisi kolom search/pencarian di playstore dan ketikkan "Cache Cleaner". Maka anda akan disuguhkan oleh berbagai macam aplikasi yang berguna untuk menghapus cache. Cobalah satu persatu aplikasi tersebut hingga anda menemukan satu yang pas di hati anda.

5. Hapus Ram

Tips Paling Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Setiap perangkat memiliki ram yang terbatas. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, maka ram android akan penuh dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Sebaliknya, semakin sedikit aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, maka semakin banyak juga sisa ram android sehingga aplikasi-aplikasi berjalan secara lancar.

Kebanyakan orang ketika ingin keluar dari suatu aplikasi, pasti mereka akan langsung menekan tombol home atau tombol tengah untuk mempersingkat waktu. Padahal cara tersebut seperti membiarkan aplikasi tersebut berjalan di background sehingga kita tidak benar-benar keluar. Alhasil ram pada perangkat pun penuh.

Dan cara yang paling cepat dan mudah untuk melegakkan ram android adalah dengan menggunakan aplikasi ram killer. Di playstore juga banyak sekali aplikasi yang berguna untuk menghapus ram. Isikan di dalam kolom search/pencarian playstore dengan keywords "Ram Killer". Maka akan muncul berbagai jenis aplikasi. Coba satu-persatu dan pilih yang menurut anda paling mudah digunakan.

6. Jangan Banyak Aplikasi

Tips Paling Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Pakailah aplikasi yang menurut anda penting untuk keseharian anda. Apabila anda penasaran dengan suatu aplikasi, maka dianjurkan untuk segera menghapusnya ketika aplikasi tersebut tidak cocok menurut anda. Hal ini bertujuan untuk melegakkan penyimpanan internal android anda sehingga terhindar dari lemot.

7. Disable/Nonaktifkan Aplikasi Bawaan Google


Pernahkan anda memperhatikan jika aplikasi dari google makin kesini makin banyak dan makin besar data yang harus digunakan? Maka dari itu gakmutu.com menyarankan anda semuanya untuk menonaktifkan aplikasi dari google yang tidak anda gunakan. Tapi ingat jangan di uninstall karena takutnya kita akan membutuhkan aplikasi tersebut di kemudian hari.

8. Jangan Gunakan Widget

Tips Paling Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

Widget yang anda pasang di homescreen ternyata memakan ram di gadget anda. Maka dari itu pasang sesedikit mungkin widget di smartphone anda. Atau jika perlu tidak dipasang sama sekali.

Demikianlah beberapa tips mengatasi smartphone android lemot yang paling mudah. Dapat ditarik kesimpulan dari pembahasan tersebut yaitu reboot device, melakukan sistem update, melegakkan memori internal, dan ram, mampu mengatasi android yang lemot. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi penulis maupun pembaca. Terima kasih.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon