Sabtu, 29 Desember 2018

Tips, Panduan, Dan Kesiapan Terhadap Erupsi Gunung Api

Tips, Panduan, Dan Kesiapan Terhadap Erupsi Gunung Api
Photo Credit: StockSnap | Pixabay

Kondisi alam di negara kita sedang berada dalam situasi yang sangat tidak baik sekali. Bagaimana tidak? Di tahun 2018 ini, Indonesia telah mengalami beberapa bencana alam besar yang merenggut banyak nyawa. Fenomena baru-baru ini adalah tsunami menghempas pesisir Banten dan juga Lampung yang menyebabkan hampir semua personil Seventeen Band meninggal dunia. Palu dan Lombok dilanda gempa dahsyat dan beberapa tempat di Nusantara kita mengalami tanah longsor beberapa waktu lalu. Dan sekarang ancaman yang sedang mengintai Indonesia adalah erupsi gunung api.

Edukasi kepada warga di lereng gunung berapi terhadap bencana yang sedang mengintai mereka sangatlah penting. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah proses evakuasi sehingga meminimalisir korban jiwa yang berjatuhan. Selain itu, warga juga mengetahui apa yang harus mereka lakukan ketika fenomena erupsi gunung terjadi.

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mempersiapkan diri terhadap bencana alam erupsi gunung berapi. Panduan-panduan di bawah ini saya dapatkan dari website resmi National Geographic yang membahas safety tips, preparation, and readiness.

Tips Aman


Tips pertama apabila anda tidak ingin terkena musibah erupsi gunung berapi adalah tinggalkan sejauh mungkin area sumber bencana. Jangan pernah melakukan aktifitas pendakian ketika gunung tersebut sedang dalam keadaan sangat aktif. Itu sama halnya dengan bunuh diri. Kemudian pertimbangkan matang-matang dengan keluarga untuk bertempat tinggal di area gunung berapi. Ketahui terlebih dahulu resiko-resiko yang mengancam. Tetapi jika anda sudah terlanjur bermukim di sekitar gunung berapi, anda bisa mengikuti panduan-panduan berikut ini.

Tips kedua yaitu apabila anda sudah terlanjur bertempat tinggal di sekitar gunung berapi, pastikan untuk selalu menyimpan kacamata serta masker. Kacamata akan melindungi mata anda dari abu yang berterbangan dan masker mencegah abu tersebut terhirup saat bernafas. Kemudian jangan lupa untuk menyediakan lampu senter yang masih berfungsi karena erupsi bisa saja terjadi di malam hari. Kalau perlu sediakan juga HT untuk melakukan komunikasi.

Tips aman yang ketiga adalah persiapkan terlebih dahulu rute evakuasi yang nanti akan anda lewati. Panduan ini sangat penting karena anda tahu kemana anda harus pergi ketika musibah erupsi terjadi, dan kepanikan serta kebingungan bisa diminiamilisr sekecil mungkin. Dan jangan lupa untuk menyediakan bahan bakar cadangan untuk kendaraan anda.

Jika Erupsi Terjadi


Lakukan apa yang pihak berwenang perintahkan. Maksudnya adalah lakukan proses evakuasi ketika anda diperintahkan. Biasanya para ahli menganjurkan untuk segera meninggalkan area ketika kondisi gunung memang benar-benar memperihatinkan. Jangan sampai menunggu gunung erupsi lalu anda baru memulai evakuasi. Itu bisa sangat membahayakan nyawa anda.

Hindari area sungai dan juga wilayah yang rendah karena dua area tersebut merupakan jalan bagi lava serta aliran lumpur yang berasal dari sumber bencana.

Sebelum anda pergi, pastikan untuk memakai kaos atau kemeja lengan panjang karena abu yang berterbangan bisa saja terasa masih panas di kulit. Jangan lupa masker dan kacamata yang telah anda persiapkan sebelumnya.

Apabila proses evakuasi tidak diperlukan, dalam arti daerah jauh dari ancaman lava, musuh anda adalah abu vulkanik yang terbawa oleh angin. Maka dari itu, tutup semua akses masuk seperti pintu dan jendela supaya abu tersebut tidak masuk ke dalam rumah.

Tips yang terakhir adalah abu vulkanik bisa merusak mesin dan bahan metal. Maka dari itu jangan berkendara terlebih dahulu. Apabila aktifitas tersebut sangat dibutuhkan, laju kecepatan kendaraan jangan lebih dari 35 mil per jam.

Demikian lah panduan keamanan dan kesiapan yang diberikan oleh National Geographic terhadap erupsi gunung berapi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi semua dan secara khusus bagi saudara-saudara kita yang bertempat tinggal di sekitar gunung berapi.


EmoticonEmoticon