Minggu, 16 September 2018

10 Hewan Paling Aneh Yang Ada Di Sekitar Manusia

Tanpa disadari, sebenarnya ada beberapa hewan aneh di sekitar kita yang memiliki sifat, bentuk, dan kebiasaan tidak seperti pada umumnya. Berikut ini akan saya persembahkan kepada anda 10 hewan aneh yang ada di sekitar manusia. Sehingga tidak perlu harus pergi ke tengah hutan, ke palung samudra atau ke dalam perut bumi untuk dapat menemukannya. Informasi ini saya dapatkan dari website listverse.com.

10 Hewan Aneh Di Sekitar Kita


10. Ikan yang Tidak Bisa Berenang



Pada umumnya, semua orang tahu kalau ikan itu berenang. Tapi ada satu dari spesies hewan air tersebut yang tidak berenang atau lebih tepatnya tidak pandai berenang. Nama ikan tersebut adalah red-lipped batfish (Ogcocephalus darwini). Makhluk laut yang berasal dari pulau Galapagos itu secara mengejutkan berjalan di dasar laut dan tidak berenang layaknya ikan - ikan lainnya.

Belum diketahui kenapa red-lipped batfish bergerak secara demikian. Ikan tersebut berjalan dengan memanfaatkan dada dan sirip perutnya, yang mana digunakan ikan lain untuk berenang, dan bergerak maju dengan mengandalkan sirip ekornya.

9. Ular Mirip Cacing Tanah

10 Hewan Paling Aneh Yang Ada Di Sekitar Manusia

Mungkin banyak sekali orang secara tidak sadar pernah melihat dan menganggap jika ular kawat (Indotyphlops braminus) adalah seekor cacing tanah, karena kedua hewan ini benar - benar sangat mirip. Ular mungil satu ini hidup hampir ada di suluruh penjuru dunia dan apabila nanti anda bertemu dengan salah satunya jangan khawatir. Karena ular kawat tidak beracun.

Hewan melata ini merupakan asli penduduk Asia Tenggara. Biasanya dapat ditemukan di tanah dan sembunyi di bawah dedaunan dan batang pohon yang lapuk. Selain itu, ular kawat juga bisa dilihat di taman seperti tanah sekitar bunga dan di pot bunga. Banyak yang mempercayai jika ular yang menyerupai cacing ini tanpa disadari terekspor ke luar negeri ketika sedang hidup di pot bunga. Maka dari itu, ular kawat atau ular cacing ini sering disebut sebagai ular pot bunga.

Namun ular tetaplah ular, sama sama memiliki sisik yang bercahaya, satu pasang mata kecil yang hampir tidak terlihat dan juga lidah. Mampu memiliki panjang 6.5 sampai 16.5 centimeter dan semut dan telur serangga adalah makanan favoritnya.

8. Anjing yang Tidak Menggonggong



Semua orang tau jika anjing itu menggonggong, tapi tidak untuk jenis Basenji. Anjing ras yang berasal dari Mesir kuno ini sebenarnya bisa bersuara namun hanya sekedar mengerang dan melolong serta dimanfaatkan untuk berburu bagi warga Republik Kongo.

7. Ikan yang Hidup di Daratan



Ikan ini disebut Leaping Rockskipper dan dapat ditemukan di daerah barat dan selatan samudra pasifiki. Keanehan dalam hewan ini bisa anda lihat jika leaping rockskipper sepertinya malah tidak menyukai dengan air. Dalam video di atas memperlihatkan bagaimana ikan tersebut selalu menghindari ombak kecil yang akan menabrak mereka.

Ikan tetaplah ikan, untuk bisa bertahan hidup mereka butuh air. Leaping skipper mempunyai insang yang berfungsi untuk bernafas di dalam air dan kemudian berkembang sehingga bisa bernafas melalui kulit mereka. Maka dari itu mereka harus tetap tinggal berada di bebatuan pesisir laut.

6. Mamalia Bertelur



Ada dua macam hewan mamalia yang ternyata bertelur. Mereka adalah platipus dan echidna. Jika anda melihat platipus secara seksama, hewan satu ini seperti kombinasi dari 3 jenis hewan yaitu bebek, berang - berang, dan oter. Platipus memiliki paruh, kaki yang bersirip, dan bulu yang tebal. Untuk melengkapi keanehan dari mamalia bertelur satu ini adalah para ahli meneliti platipus dan menemukan jika DNA hewan tersebut memiliki DNA burung dan reptil.

5. Ikan Berdarah Panas

10 Hewan Paling Aneh Yang Ada Di Sekitar Manusia

Pada umumnya ikan adalah hewan berdarah dingin. Tetapi betapa terkejutnya para peneliti menemukan jenis ikan yang berdarah panas. Sebuah penelitian yang dilakukan bersama National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengemukakan bahwa opah atau moonfish adalah jenis hewan, ikan yang berdarah panas.

Dengan keanehan tersebut, ikan ini mampu berenang jauh lebih dalam ke lautan dan juga lebih lama, tidak seperti ikan - ikan lainnya.

4. Kadal Tak Berkaki

10 Hewan Paling Aneh Yang Ada Di Sekitar Manusia

Pasti anda berpikir jika semua jenis kadal itu memiliki 2 pasang kaki di depan dan di belakang. Namun ternyata ada juga kadal yang tidak memiliki kaki sama sekali. Kebanyakan orang kebingungan membedakan kadal jenis ini dengan ular pada umumnya karena memiliki karakteristik yang hampir sama.

Persamaan antara ular dan kadal tak berkaki ini yaitu sama - sama memiliki sisik dan lidah yang bercabang. Kemudian sama - sama juga memakan telur kecil dan hewan kecil seperti tikus. Namun kadal memiliki batasan terhadap ukuran mangsanya karena tidak memiliki rahang mulut fleksibel seperti ular. Bagaimanapun juga ada beberpa spesies kadal tak berkaki seperti Burton yang ternyata memeiliki rahang fleksibel sehingga mampu memangsa korbannya seperti ular.

3. Hewan dengan DNA Tanaman, Bakteri, dan Jamur


Tardigrade alias water bear adalah hewan mikroskopik yang mampu bertahan hidup dalam kondisi paling keras sekalipun. Hewan ini bisa bertahan hidup di kedalaman samudra paling dingin, di gunung paling tinggi, dan juga di gurun pasir yang sangat panas sekali. Lebih gilanya lagi, tardigrade juga bisa tetap hidup meskipun dalam radiasi luar angkasa dan memiliki kemampuan kembali hidup hanya dengan memberikan air.

Banyak peneliti mengamati DNA dari water bear ini dan menemukan 17.5% mengandung DNA tanaman, bakteri, dan jamur. Karena itulah hewan ini bisa bertahan meski dalam kondisi yang ekstrim sekalipun.

2. Ular yang Bisa Terbang



Secara teknis ular terbang itu tidak ada tetapi mereka meluncur. Kemampuan ular yang bisa berpindah dari satu pohon dengan pohon yang lain dengan usaha minimal lah yang membuat mereka mendapatkan julukan ular terbang. Bahkan antara pohon yang terpisah cukup jauh sekalipun.

Ular - ular tersebut bisa anda temukan di Asia khusunya Asia Tenggara. Untuk bisa meluncur, hewan tersebut akan memipihkan badannya dan melompat ke pohon lainnya. Batas jarak yang bisa mereka capai yaitu sekitar 24 meter.

1. Hewan yang Bisa Berfotosintesis Layaknya Tanaman



Kita semua tahu bahwa tanaman bisa membuat makanan dari karbondioksida dan air dengan bantuan sinar matahari yang sering kita sebut fotosintesis. Yang mengejutkan adalah ternyata ada jenis hewan yang memiliki keanehan mampu melakukan proses fotosintesis tersebut. Hewan tersebut adalah Green Sea Slug atau siput laut hijau.

Hewan ini bisa ditemukan di Canada dan New England dan memiliki bentuk seperti siput laut dan tanaman. Tubuhnya mirip sekali seperti daun. Siput tersebut mampu mengambil gen dari ganggang, sehingga bisa menghasilkan klorofilnya sendiri untuk berfotosintesis. Artinya, siput ini tidak akan mati jika tidak makan sekalipun melalui mulutya.

Demikianlah beberapa jenis hewan aneh yang kami rangkum dari website listverse.com yang bisa ditemukan manusia di sekitar mereka dengan usaha yang tidak terlalu berat.


EmoticonEmoticon