Kamis, 21 Juni 2018

Tips Aman Belanja Secara Online

Tips Aman Berbelanja Secara Online

Tips Aman Belanja Secara Online - gakmutu.com. Teknologi semakin kesini semakin memanjakan manusia. Bagaimana tidak, segala seusatu yang biasanya sulit, bisa dipermudah dan yang jauh bisa semakin dekat. Begitu juga dengan kegiatan berbelanja.

Di Indonesia ada jasa pembelian dan pengantar barang seperti Go-Jek dan Grab yang bisa kita manfaatkan jika keadaan tidak memungkinkan kita untuk pergi membeli sesuatu itu sendiri. Hanya dengan mengunduh aplikasi jasa tersebut, pilih barang yang ingin kita miliki, lalu tekan order dan barang tersebut akan diantarkan oleh driver jasa tersebut. Namun 2 aplikasi tersebut hanya bisa melayani untuk satu daerah saja. Bagaimana jika kita ingin belanja di kota lain atau bahkan negara lain?

Dengan adanya situs jual beli online, kita tidak perlu repot - repot lagi untuk datang ke toko sehingga kita bisa menghemat tenaga, waktu, bahkan uang untuk transportasi. Namun karena barang yang kita inginkan tersebut tidak bisa kita cek barang terlebih dahulu, munculah ketakutan bagi sang pembeli apabila tidak worth it seperti yang diharapkan. Belum lagi marak sekali penipuan - penipuan bahkan pembobolan kartu kredit yang sangat mengancam jika kita tidak berhati - hati dalam berbelanja secara online.

Maka dari itu, berikut kami berikan beberapa tips paling aman berbelanja secara online di internet sehingga anda lebih nyaman dan waspada akan bahaya - bahaya penipuan. Tips kali ini akan dibagi menjadi 4 bagian yaitu persiapan, tempat membeli, cek barang, dan cara pembayaran. Mari kita langsung saja ke poin yang pertama

1. Persiapan

Tips Aman Berbelanja Secara Online

Persiapan disini maksudnya adalah untuk meningkatkan keamaan data atau informasi penting dalam perangkat anda sehingga tidak terjadi pembobol atau hacker yang meretas perangkat anda. Berikut kiat persiapan yang harus anda lakukan

Update Sistem Operasi


Melakukan pembaruan terhadap sistem operasi, browser dan antivirus terbaru adalah suatu keharusan. Karena dengan cara tersebut mampu membuat anda terhindar dari malware dan bugs yang dapat mengancam data - data penting anda.

Menggunakan Data Mobile Network


Sebisa mungkin jangan menggunakan jaringan internet publik seperti wifi entah dimanapun itu berada ketika belanja online. Karena ditakutkan ada campur tangan pihak ketiga dan biasanya memiliki tingkat keamanan yang lemah.

Hati - Hati Terhadap Scam


Jangan percaya terhadap iming - iming barang murah apalagi pemberitahuan yang menggunakan link. Bisa saja itu ulah scammer yang berusaha membujuk anda dengan penawaran menggiurkan. Ciri - ciri dari tindak penipuan ini adalah dengan mengirimkan anda link, kemudian anda akan diarahkan ke halaman login akun salah satu e-commerce. Padahal halaman login tersebut adalah palsu, dan data yang anda masukan tersebut ditransfer ke scammer tersebut. Teknik penipuan tersebut disebut "phising".

Apabila anda mendapatai notifikasi seperti tersebut dari pasar online yang terkenal, jangan klik link yang diberikan, melainkan langsung pergi ke situs resminya.

2. Tempat Membeli Barang

Tips Aman Berbelanja Secara Online

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, hal yang pertama kita lakukan apabila ingin membeli sesuatu secara online adalah mencari tempat atau situs jual beli di internet. Untuk terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan simak tips situs belanja online dibawah ini: 

Situs Terkenal


Ketika semua orang ingin belanja secara online, pasti tempat yang pertama kali mereka tuju adalah situs - situs yang sudah terkenal seperti Amazon, E-Bay dan masih banyak lagi lainnya. Cara ini memang paling direkomendasikan karena sudah terbukti jika situs tersebut merupakan tempat jual beli online yang sudah diakui.

Situs dengan SSL


Ketika barang yang anda cari tidak tersedia di beberapa situs terkenal melainkan disitus antah berantah atau pasar online yang baru saja anda ketahui, anda hanya perlu memperhatikan domainnya apakah dilengkapi dengan "S" (SSL) atau tidak. Jika domain awal situs tersebut menggunakan "https" maka situs tersebut aman. Namun "s" dalam http tersebut hanya pengamanan bagi data informasi anda supaya tidak bocor sehingga tidak bisa disalah gunakan.

Penelitian


Kemudian langkah selanjutnya adalah cari informasi - informasi mengenai e-commerce tersebut seperti review atau testimoni dari sang pembeli. Hal tersebut berguna untuk mengetahui apakah tempat belanja online tersebut memang tempat yang tepat atau hanya malah sebaliknya. Karena SSL hanya mampu mengamankan data pribadi anda, tidak untuk sebagai pengamanan proses jual belinya.

3. Pengecekan Barang

Tips Aman Berbelanja Secara Online

Masalah selanjutnya yang muncul setelah pemilihan tempat belanja online yaitu adalah kondisi barang yang ingin kita beli. Kita semua tahu jika kita bertransaksi secara online, produk yang disuguhkan hanyalah sebatas gambar. Bahkan kebanyakan foto yang dipajang bukanlah bentuk asli melainkan hanya mengambil dari google image.

Sudah banyak viral di internet mengenai pembeli yang tertipu atau tidak puas dengan contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena kurang ketelitian terhadap barang yang dijual. Maka dari itu, kami membuat tips pengecekan barang supaya anda lebih berhati - hati.

Pembuatan Akun


Saat pertama kali ingin belanja secara online di e-commrce Indonesia, pembeli wajib membuat akun terlebih dahulu. Pastikan untuk membuat password yang sangat rumit setidaknya memiliki 12 karakter.

Akun Verified atau Official


Hal pertama yang gakmutu.com rekomendasikan setelah anda memilih toko online adalah cari official storenya terlebih dahulu. Biasanya produk - produk seperti elektronik, clothing dan perusahaan besar lainnya menyediakan toko resminya, dan yang pasti anda akan mendapatkan barang seperti yang anda inginkan. Jika tidak, mungkin ada masalah pada saat pengiriman barang sehingga melukai produk yang anda beli.

Namun jika tidak tersedia official storenya, maka pilihlah toko dengan rate bintang paling tinggi. Rate merupakan tolak ukur kepuasan bagi konsumen. Semakin banyak bintang dan jumlah voternya, maka semakin terpercaya toko tersebut.

Data informasi mengenai lokasi, nomor handphone, dan kode pos toko juga harus sangat diperhatikan. Jika ada akun yang tidak menyediakan informasi tersebut, anda harus mencari yang lainnya.

Tips satu ini berlaku juga apabila anda ingin melakukan proses pembelian dengan akun - akun pribadi seperti di Facebook, Kaskus dan forum jual beli lainnya. Pastikan penjual memiliki testimoni atau ulasan yang mampu meyakinkan anda. Di Kaskus terdapat fitur rate atau bintang yang bisa menjadi tolak ukur untuk meningkatkan kepercayaan terhadap si penjual.

Review, Testimoni atau Ulasan


Sama seperti ketika kita melakukan riset terhadap keaslian toko online diatas, kolom ulasan terhadap barang dari pembeli bisa menjadi patokan apakah toko yang anda pilih selalu memberikan barang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Maka dari itu sangat penting untuk mengikuti tips satu ini.

Baca Deskripsi Barang


Jangan pernah membeli produk yang tidak memberikan informasi mengenai barang yang akan dijual seperti kondisi baru atau bekas, ukuran, dan deskripsi - deskripsi penting lainnya terkait produk tersebut. Pastikan semuanya seperti yang anda kehendaki.

Baca Term of Service atau Ketentuan Layanan


Dan jangan lupa untuk membaca ketentuan layanan dari toko online yang anda kunjungi sebelum melakukan transaksi. Karena di sana terdapat beberapa ketentuan - ketentuan yang wajib ditepati demi kenyamanan masing - masing pihak.

4. Pembayaran

Tips Aman Berbelanja Secara Online

Metode pembayaran paling direkomendasikan adalah menggunakan kartu kredit. Keuntungan dari kartu kredit tersebut adalah kita bisa menarik kembali apabila produk yang anda beli tidak kunjung datang atau barang tidak sesuai pesanan.

Jika tidak memiliki kartu kredit, opsi lain adalah menggunakan jasa rekber (rekening bersama). Metode tersebut menggunakan jasa perantara ke-3. Sebelum semuanya deal, uang akan ditransfer ke jasa tersebut, dan uang akan ditransfer ke penjual saat pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Demikianlah kiat - kiat sebelum anda belanja secara online yang wajib anda terapkan. Dengan mengikuti tips di atas, kemungkinan persentase terjadi penipuan akan berkurang secara drastis dan anda bisa aman berbelanja secara online.


EmoticonEmoticon