Kamis, 07 Juni 2018

Inilah 10 Fenomena Hujan Ikan Di Dunia

Inilah 10 Fenomena Hujan Ikan Di Dunia
Sumber: olafpictures | pixabay.com
Mungkin mengejutkan bagi beberapa orang, tetapi fenomena ikan yang berjatuhan dari langit dianggap sebagai kejadian alami. Banyak sekali komunitas yang menganggap peristiwa tersebut merupakan salah satu tanda bahwa hari akhir atau kiamat semakin dekat. Tetapi pada kenyataannya itu adalah kejadian yang umum.

Dr. Randy dalam bukunya yang berjudul Freaks of the Storm berpendapat jika puting beliung yang terjadi pada tahun 1889 membawa ikan dan menjatuhkannya di suatu tempat. Namun sampai sekarang alasan kenapa hanya ikan tertentu yang terhempas ke udara masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dan berikut 10 fenomena hujan ikan yang pernah terjadi di muka bumi ini.

10. Lajamanu, Australia


Di tepi padang pasir Tanami, sekitar 550 kilometer jauhnya dari kota besar Katherine, terdapat sebuah kota kecil yang bernama Lajamanu. Sebagai informasi untuk anda jika tempat tersebut merupakan bukan lokasi destinasi memancing.

Daerah tersebut telah mengalami fenomena hujan ikan berukuran kecil sebanyak 3 kali dalam sejarah modern yaitu pada tahun 1974, 2004 dan 2010. Padahal kota tersebut sangat jauh sekali dari laut dan bahkan jarak antara Lajamanu ke sungai terdekat yaitu sekitar 480 kilometer.

Warga lokal pun dengan senang hati mengambil ikan - ikan tersebut tanpa harus melakukan aktifitas memancing di perairan.

9. Tampico Meksico

Stasiun cuaca Meksiko memprediksi tanggal 26 September 2017 daerah Tampico akan turun hujan. Namun yang ternyata terjadi adalah hujan air disertai dengan ikan - ikan kecil. Memang tidak ada penduduk lokal yang berhamburan ke luar dengan ember, tetapi ada sebuah video yang menunjukkan ikan bergeletakan di trotoar.

Pedro Granados menyatakan tidak tahu apakah fenomena tersebut merupakan perubahan cuaca atau tidak. Dia juga mengatakan bahwa penduduk lokal bahkan mengalami kejadian aneh yang tidak biasa mereka alami seperti tornado, badai, hujan, banjir, hujan ikan, gerhana, gempa bumi dan bencana alam lainnya.

8. Komanapalli dan Singuripeta, India


Desa kecil Komanapalli dan Singuripeta yang terletak di distrik Srikakulam, India, mengalami bencana alam badai Siklon Roanu yang tidak berpotensi menghancurkan seperti yang diperkirakan. Bahkan peristiwa tersebut menguntungkan penduduk setempat karena badai tersebut membawa banyak sekali ikan yang jatuh ke ladang warga. Fenomena tersebut terjadi di bulan Mei tahun 2016 lalu.

Banyak sekali orang - orang di sana berbondong - bondong untuk mengumpulkan salah satu jenis hewan yang seharusnya berenang di dalam air tersebut untuk dimasak dan dikonsumsi bersama anggota keluarganya.

Diperkirakan jika ikan tersebut berasal dari kolam - kolam terdekat yang tersapu oleh badai Siklon Roanu tersebut.

7. Dire Dawa, Ethipia


Di saat kekeringan dan ekonomi yang sangat menekan penduduk Ethiopia, daerah di Dire Dawa yang populasinya mencapai setengah juta, mendapatkan kejutan dari langit berupa ikan besar disertai dengan hujan yang sangat singkat pada bulan Januari tahun 2016 yang lalu.

Padahal tidak ada angin ataupun badai yang melanda daerah tersebut. Kemudian kementrian peternakan dan keikanan berpendapat jika kejadian tersebut ada intervensi dari sang ilahi atau hadiah dari Tuhan.

6. Loreto Filipina


Pada Januari 2012, daerah Loreto provinsi Agusan del Sur, Filipina, ikan berjenis mudfish berjatuhan dari langit. Diketahui jika tempat tersebut merupakan daerah yang sepenuhnya daratan dan tidak mungkin terdapat ikan di sana.

Kemungkinan besar angin topan menghempaskan hewan tersebut dan mampu bertahan hidup karena awan. Ikan yang masih hidup kemudian diteliti untuk dipelajari lebih lanjut.

5. Knighton, Wales


Sebuah kelompok penulis lokal di Knighton, Wales, terkejut dengan ikan kecil turun dari langit bersamaan dengan hujan deras ketika mereka sedang dalam perjalanan untuk mengadakan pertemuan pada tanggal 18 Agustus 2004.

Beberapa ikan ada yang masih hidup namun tidak bertahan lama. Makhluk air tersebut dilaporkan berasal dari tepi pantai yang berjarak 80 kilometer dari pusat kota.

4. Oroville, California


Sekolah menengah Stanford Avenue di Oroville, California, mengalami fenomena serupa pada tanggal 16 Mei 2017. Supervisor kampus tersebut yang bernama Liz Barber-Gabriel ketika mengetahui ada ikan di halaman sekolahnya, dia khawatir. Kemudian dia mengecek atas gedung dan ternyata ikan juga ada di sana.

Banyak sekali dugaan - dugaan tentang asal mula makhluk bersirip tersebut bisa muncul dan mengejutkan orang - orang di sana salah satunya seperti murid yang jahil, burung yang menjatuhkannya dari langit dan bahkan terorisme. Dan sampai sekarang misteri tersebut belum terpecahkan sampai sekarang. Alasan yang paling kuat mungkin karena jatuh dari langit.

3. Nallur, Sri Lanka


November 2017 lalu international headline news melaporkan telah terjadi fenomena ikan yang berjatuhan di Nallur Sri Lanka. Kejadian ini terjadi pada saat musim hujan yang disertai dengan angin kencang.

Banyak saksi yang mengatakan apabila fenomenia tersebut sering terjadi dalam 3 tahun ini dan penduduk lokal mengumpulkan hewan bersirip tersebut untuk kemudian dimasak lalu dikonsumsi.

2. Fairbanks, Alaska


Mendengar kejadian - kejadian unik di atas mungkin membuat kita tetap keheranan meski para ilmuan telah memaparkan penyebab - penyebab terjadinya fenomena tersebut. Meskipun demikian, tak sedikit juga yang memanfaatkan kejadian hujan ikan tersebut, yaitu dengan mengumpulkannya, apalagi jika ukuran ikannya besar - besar. Sedangkan yang berukuran kecil mungkin hanya dibuang. Namun bagaimana jika hewan yang jatuh dari langit itu adalah lamprey (ikan tak berahang). Fenomena ini benar - benar terjadi di Fairbanks, Alaska.

Pada bulan Juni 2015, warga di sekitar salah satu toko di Fairbanks, Alaska, dihebohkan dengan 4 ekor lamprey yang turun dari langit. Yang aneh dari ikan tersebut adalah terdapat lubang di sisi bagian tubuhnya. Dan tentu saja Alaska Department of Fish and Game berpendapat jika kemungkinan besar lamprey tersebut dijatuhkan oleh burung camar yang sedang melintas di area tersebut.

1. Yoro, Honduras


Ada satu tempat dimana fenomena hujan ikan selalu dinanti yaitu di Yoro, Honduras. Orang lokal di sana menyebutnya "Lluvia de Peces", atau dalam bahasa inggrisnya "Rain of Fish", sedangkan dalam bahasa yaitu hujan ikan.

Setiap bulan Mei atau Juni, penduduk Yoro, Honduras, bergantung pada badai yang membawa ikan ke jalanan dan kemudian akan dikumpulkan. Namun pelaku yang bertanggung jawab akan kejadian ini kemungkinan besar adalah puting beliung. Sebagian warga di sana juga menganggap jika ikan yang jatuh dari langit tersebut merupakan kiriman dari sang ilahi.

Pendapat lainnya yang muncul yaitu hewan tersebut terdapat di bawah tanah sebuah danau, yang kemudian terpaksa keluar ke daratan dan tersapu oleh banjir sehingga bisa sampai di jalanan.



EmoticonEmoticon