Sabtu, 09 Juni 2018

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Ratusan orang telah meninggal dan kehilangan tempat tinggal mereka karena bencana alam gunung berapi yang terjadi di Guatemala dan Hawai dalam beberapa bulan ini. Akan tetapi, ternyata gunung yang disebutkan tersebut merupakan bukanlah gunung api paling berbahaya di dunia.

Saat kita akan menilai gunung berapi manakah yang paling berbahaya di dunia, maka ada beberapa faktor yang harus diperhitungkan seperti kepadatan penduduk di lereng gunung, magma yang keluar dari proses meletusnya serta sejarah erupsi dari gunung itu sendiri. Contohnya adalah gunung yang terletak di daerah terpencil, tidak dekat dengan penduduk serta tidak memerlukan evakuasi yang besar. Selain itu gunung yang jarang sekali terjadi erupsi juga tingkat berbahayanya juga rendah.

Menghitung kadar magma adalah salah satu cara untuk menentukan tingkat berbahaya gunung berapi. Menurut Stanley Mertzman, seorang profesor geosains di Franklin and Marshall College di Lancaster, Pa. Mertzman mengatakan para ahli akan mencari tahu tingkat silika yang terdapat dalam magma karena kandungan tersebut berpengaruh pada tingkat kekentalannya sehingga mampu menimbulkan ledakan yang besar.

Meningkatnya silika dalam lava juga mampu menimbulkan aliran piroklastik yaitu hasil letusan berupa campuran dari lava, abu, gas dan bebatuan yang mampu menyebabkan asphyxia atau kurangnya suplai oksigen dalam tubuh.

Negara - negara dimana gunung berapi kadang bisa sangat berbahaya yaitu seperti Indonesia, Filipina, bagian Amerika Selatan dan beberapa di Amerika Serikat. Simak gunung berbahaya berikut menurut tingkat kepadatan penduduk, sejarah dan jenis Magma menurut situs time.com

1. Gunung Vesuvius

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Sumber Foto
445693 |pixabay.com
Gunung yang terletak di Italia ini sudah menjadi momok yang sangat mengancam sekali bagi penduduk lokal sejak erupsi pada tahun 79 yang mengakibatkna terkuburnya kota Pompei. Menurut database Smithsonian Institute atau USGS Global Volcanic Program, selama lebih dari 17,000 tahun, Vesuvius telah mengalami erupsi besar sebanyak 7 kali dan yang terakhir kali terjadi pada tahun 1944.

Namun sekarang pihak pemerintah negara Itali telah mempersiapkan beberapa rencana - rencana jika di kemudian hari bencana tersebut terjadi dan 6 juta penduduk sekitar gunung tersebut bisa selamat.

2. Gunung Reinier

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Sumber Foto
Wikimedia
Ada beberapa faktor yang membuat gunung yang terletak di negara Amerika Serikat ini sangat berbahaya yaitu seperti ketinggian, komposisi kimia, jarak antara pinggiran kota Washington Seattle dan Tacoma, kemampuan gunung dalam menciptakan alirasn piroklastik yang kuat, aliran lava dan abu vulkanik.

Panas dari aliran lahar gunung Reinier mampu melelehkan salju dan es sehingga terbentuk lah aliran lumpur, bebatuan dan puing - puing atau lahar. Menurut USGS, lahar yang berukuran besar merupakan ancaman terbesar yang diberikan oleh gunung ini. Lebih dari 2 juta nyawa akan terkena dampak dari gunung yang curam tersebut.

3. Gunung Novarupta

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Sumber Foto
goodfreephotos.com
Terletak di Katmai National Park and Preserve, Alaska, gunung berapi Novarupta terbentuk pada tahun 1912 dalam sebuah erupsi terbesar di abad ke 20, yang menghasilkan 30 kilometer kubik abu dan puing - puing ke udara serta memproduksi aliran debu yang kuat sehingga terbentuklah The Valley of Ten Thousand Smoke.

Meskpiun daerah lereng gunung tersebut tidak berpenduduk, tetapi erupsi membentuk wedus gembel yang mengandung sulfur mencapai Alaska bagian selatan serta beberapa daerah di Canada. Setelah 3 hari, warga di sekitar Kodiak mengeluhkan sakit mata dan gangguan pernafasan karena kejadian tersebut.

4. Gunung Pinatubo

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Sumber Foto
wikimedia
Gunung ini terletak di kawasan padat penduduk Filipina dan terkenal karena erupsi terbesar ke 2 di abad 20 ini setelah gunung Novarupta pada tahun 1991. Padahal gunung ini tidak memiliki sejarah erupsi sebesar erupsi tersebut yang bahkan mengakibatkan tewasnya 722 nyawa karena aliran piroklastiknya yang mampu membentuk danau kaldera di gunung tersebut. Dan sekarang lebih dari 21 juta penduduk berada di dalam jarak 100 kilometer dari Pinatubo.

5. Gunung St. Helen

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Sumber Foto
WikImages | pixabay.com
Erupsi gunung St. Helen pada tahun 1980 merupakan erupsi terbesar dan paling mematikan dalam sejarah yang perah terjadi di Amerika. Akibat bencana mengerikan tersebut 57 orang dan ribuan hewan meninggal dunia serta hutan sebesar 200 mil persegi kandas.

Menurut USGS, dilihat dari track record erupsi gunung St. Helen, kemungkinan akan terjadi erupsi yang akan lebih besar dikemudian hari yang mampu mengakibatkan awan abu hingga barat laut pasifik.

6. Gunung Agung

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Sumber Foto
Wikimedia
Gunung yang sering erupsi ini terletak di Indonesia dan terakhir kali terjadi dalam ukuran besar yaitu pada tahun 1963 dan menjadi salah satu tragedi bencana alam gunung berapi terbesar di Indonesia. Erupsi tersebut berlangsung selama 11 bulan dan memproduksi hujan abu yang berbahaya dan aliran piroklastik yang menyebabkan 1000 jiwa melayang dan kerusakan properti. Di sekitar gunung yang tepatnya di pulau bali ini ada populasi sebanyak kurang lebih 4 juta warga.

7. Gunung Fuji

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Sumber Foto
Joelibby : pixabay.com
Gunung yang terkenal di Jepang ini belum pernah erupsi sama sekali sejak tahun 1707. Namun pada tahun 2014 kemarin, pemerintah negara tersebut memperingatkan warganya akan ada kemungkinan gunung fuji akan meletus karena gempa dengan ukuran 9.0 skalar richter yang menggoncang Jepang. Menurut para peneliti gempa tersebut mengakibatkan tekanan tepat di bawah gunung Fuji.

Pada tahun 1707, hasil erupsi yang berupa debu dan puing - puing bahkan mencapai Tokyo. Dan kemungkinan jika hal yang tidak diinginkan tersebut benar - benar terjadi, 25 juta orang disekitar akan terkena efek sampingnya.

8. Gunung Merapi

8 Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia
Sumber Foto
Wikimedia
Merupakan salah satu gunung paling aktif di negara kita, gunung merapi telah sering mengalami erupsi selama berabad - abad. Menurut NASA, bahaya yang paling mematikan diberikan oleh gunung ini adalah aliran piroklastiknya yang dapat menyebar secara luas dan mengancam nyawa 24 juta orang disekitar area tersebut.


EmoticonEmoticon