Rabu, 14 Maret 2018

10 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh Mengusir Nyamuk

Bahan Alami Ini Sangat Ampuh Mengusir Nyamuk

Nyamuk adalah sebuah ancaman yang dapat mengganggu orang yang sedang menikmati waktu santai atau ingin tidur. Meskipun suntikan dari hewan terbang kecil penghisap darah tersebut tidak menyakitkan, dampak yang diberikannya cukup memberikan rasa tidak nyaman yaitu seperti gatal - gatal dan bentol pada kulit. Selain itu suara bising ketika nyamuk melintas disekitar telinga kita juga dapat membuat jengkel.


Maka dari itu untuk bisa beristirahat dengan tenang, perlu dilakukan aksi - aksi pencegahan supaya hewan penghisap darah tersebut enggan untuk mendekati kita seperti penggunaan obat nyamuk bakar maupun elektrik dan juga dalam bentuk lotion. Sayangnya banyak sekali kalangan yang tidak mengetahui jika pengusir nyamuk tersebut sangat berbahaya sekali bagi kesehatan kita.

Tetapi tidak perlu khawatir karena situs healthline telah memberikan daftar 10 bahan yang dapat kita peroleh secara alami dan sangat ampuh mengusir nyamuk sebagai berikut:


1. Minyak Lemon Eucalyptus


Minyak ini digunakan sejak tahun 1940 sebagai bahan alami yang sangat terkenal untuk mengusir nyamuk dan telah diakui oleh badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat yang disebut Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Sebuah studi di Queensland, Australia, menunjukkan campuran 32% dari minyak tersebut sangat ampuh untuk melindungi kita dari gigitan nyamuk selama 3 jam.

Untuk bisa mengaplikasikannya juga sangat mudah. Campurkan saja minyak lemon eucalyptus bersama minyak biji bunga matahari dengan perbandingan 1:10. Tetapi jangan gunakan campuran ini pada anak yang berumur 3 tahun kebawah.

2. Lavender


Aroma dan minyak hasil dari bunga lavender yang dihancurkan dapat dijadikan sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak lavender yang diberikan kepada tikus yang tidak berambut, terbukti melindungi hewan melawat tersebut dari nyamuk dewasa. Selain itu jenis tanaman ini juga sering digunakaan sebagai bahan produk kecantikan serta sebagai aroma terapi yang sifatnya mampu menenangkan.

Untuk menggunakannya sangat mudah yaitu tanamlah lavender ini di dalam atau di luar rumah. Selanjutnya ambil bunganya kemudian hancurkan. Lalu oleskan ke daerah yang sekiranya akan diserang oleh nyamuk.

3. Minyak Kayu Manis


Menurut sebuah studi yang dilakukan di Taiwan, selain sebagai bahan untuk mengusir nyamuk khususnya jenis aedes albopictus, minyak kayu manis bahkan juga mampu membunuh telur hewan penyebab demam berdarah tersebut.

Untuk membuatnya juga sangat mudah yaitu dengan mencampurkan 1/4 sendok teh atau 24 tetes minyak kayu manis dengan setiap 4 ons air. Kemudian semprotkan ke kulit, pakaian, atau tanaman di rumah anda. Sebagai catatan yang harus diperhatikan, dosis tinggi dalam penggunaannya mampu membuat kulit kita iritasi.

4. Minyak Timi


Minyak timi sangat ampuh untuk mencegah serangan dari nyamuk yang dapat mengakibatkan malaria. Observasi dilakukan pada tikus tak berbulu dimana dioleskan minyak timi hanya 5% saja sudah mampu nelindunginya dari nyamuk.

Untuk pengaplikasiannya campurkan 4 tetes minyak timi di setiap satu sendok teh olive atau jojoba oil. Jika anda ingin pemakaian dalam bentuk spray, beri 5 tetesan minyak timi di setiap 2 ons air. Apabila anda sedang dalam aktivitas berkemah, membakar daun dari tanaman timi ke api unggun juga mampu mengusir nyamuk.

5. Minyak Catnip


Para pecinta kucing pasti tidak asing dengan tanaman satu ini. Catnip sering disebut - sebut sebagai ganjanya kucing yang memilik efek teler kepada hewan tersebut. Tetapi minyak dari hasil ekstrak daun tumbuhan ini ternyata bermanfaat sebagai pengusir nyamuk. Bahkan khasiatnya 10 kali lebih efektif dibandingkan DEET yang merupakan komponen dari produk - produk pengusir serangga.

6. Minyak Kedelai


Banyak sekali observasi - observasi yang membuktikan jika minyak kedelai juga mampu mengusir nyamuk dan tidak berbahaya bagi kesehatan penggunanya.

Campuran antara minyak daun lemon dengan satu ini terbukti mampu membuat beberapa jenis nyamuk kabur.

7. Serai


Banyak sekali produk - produk pengusir nyamuk yang memiliki bahan alami tumbuhan satu ini. Dengan komposisi atau formula yang tepat, khasiatnya bahkan mampu menandingi DEET. Tetapi apabila tidak, serai akan lebih cepat menguap dan efeknya tidak akan tahan lama. Untuk hasil yang memuaskan, bisa digunakan bersamaan dengan menyalakan lilin yang terbuat dari serai dan terbukti lebih melindungi sebesar 50%.

8. Tea Tree Oil


Tea tree oil atau minyak melaleuca ini merupakan minyak esensial yang terkenal di negara dan memiliki properti - properti seperti antiseptik, antimicrobial dan anti-inflamatory. Baru - baru ini beberapa penelitian menunjukkan jika tea tree oil mampu mengusri beberapa jenis serangga seperti nyamuk, lalat dan biting midges.

9. Geraniol


Geraniol masuk dalam tipe alkohol yang biasanya digunakan untuk wewangian dan pemberi rasa, serta didapatkan dari tanaman serai, lemongrass dan mawar. Selain itu Geraniol juga sebagai salah satu bahan produk pengusir nyamuk dan efektif selama 2 hingga 4 jam tergantung sepesiesnya. Jauhkan bahan ini dari mata dan hindari apabila anda memiliki kulit sensitif karena mampu menyebakan iritasi.


10. Minyak Mimba


Meskipun minyak ini dipromosikan sebagai alternatif dari bahan alami, tetapi ada beberapa hasil yang menunjukkan keefektivitasannya. Sebuah studi menunjukan minyak mimba di Ethiopia mampu melindungi kita dari nyamuk 70% selama 3 jam.

Minyak ini tidak diakui sebagai pengusir yang topikal karena mampu mengakibatkan iritasi pada kulit. Sebaiknya anda menggunakan DEET jika anda berpergian jauh jika ingin terhindar dari nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit - penyakit.

Peringatan dalam menggunakan minyak esensial harus dikombinasikan dengan minyak pelarut. Resep yang biasanya digunakan yaitu 3 hingga 5 tetes minyak esensial dan 1 ons minyak pelarut.


EmoticonEmoticon