Rabu, 21 Februari 2018

8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat di dunia karena mengandung antioksidan dan nutrisi - nutrisi lain yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh anda, seperti meningkatkan fungsi otak, mengurangi resiko penyakit kanker dan masih banyak lainnya.



Di bawah ini kami sebutkan 10 khasiat dari green tea yang perlu anda semua ketahui:

Memiliki Senyawa - Senyawa Bioaktif


Menurut artikel dari Chinese Medicine, teh hijau memiliki kandungan polifenol yang terdiri dari flavonoid, flavandiol, flavanol dan phenolic acid, sebesar 30%. Flavonoid yang mendominasi sbeagian polifenol tersebut mengandung senyawa katekin yang sangat bermanfaat seperti Epigalokatekin Galate (EGCG).

Berikut manfaat - manfaat dari senyawa - senyawa di atas:

  • Polifenol berguna untuk mengurangi inflamasi dan membantu tubuh melawan kanker.
  • Mengkonsumsi katekin jangka panjang sangat bermanfaat bagi anda yang ingin diet, terhindar dari diabetes tipe II, dan mengurangi terkena resiko jantung koroner.
  • Dan EGCG tersebut berfungsi untuk mengontrol gula darah.

Meningkatkan Fungsi Otak


Perlu anda ketahui jika teh ternyata memiliki kandungan kafein, tetapi tidak sebanyak kopi, yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, mood, kewaspadaan, memori serta menjaga diri anda tetap terjaga.

L-theanin dalam teh hijau juga berguna untuk mengurangi kegelisahan, meningkatkan kinerja otak dan bekerja sinergis bersamaan dengan kafein. Banyak studi membuktikan jika kombinasi dari dua tersebut berpotensi untuk meningkatkan fungsi otak dan membuat anda semakin pintar.


Meningkatkan Pembakaran Lemak dan Kemampuan Fisik


Teh hijau telah terbukti mampu meningkatkan pembakaran kalori dan tingkat metabolisme tubuh. Banyak sekali suplemen - suplemen penurun berat badan yang menggunakan green tea sebagai bahan untuk membuatnya.

Tetapi, beberapa studi tentang teh hijau tidak menunjukkan pengaruh terhadap metabolisme sehingga efek tersebut hanya bisa dialami tergantung dari tiap individu.

Mengurangi Resiko Beberapa Jenis Kanker


Kanker disebabkan oleh perkembangan sel yang tidak terkontrol dan terkenal telah menjadi penyakit yang berujung pada kematian.

Teh hijau adalah sumber dari antioksidan kuat yang berkhasiat untuk mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker di bawah ini:
  • Wanita yang sering meminum teh hijau, resiko berkembangnya penyakit kanker payudara berkurang 20-30%.
  • Pria yang sering meminum teh hijau, resiko berkembangnya kanker prostat turun 48%.
  • 42 studi tentang orang yang mengkonsumsi teh hijau, resiko berkembangnya kanker kolorektal turun 42%.
Tetapi perlu diingat untuk tidak mencampurkan teh hijau dengan susu karena mampu mengurangi antioksidan di dalamnya.

Mengurangi Resiko Penyakut Alzheimer dan Parkinson


Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegenratif paling umum pada mansuia yang dapat mengurangi kemampuan otak seperti berkurangnya daya ingat, berpikir, kecerdasan dan lain - lain. Sedangkan Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif paling umum kedua yang menyebabkan rusaknya hormon dopamin yang mengatur pergerakan tubuh.

Beberapa studi menunjukan jika komponen katekin di dalam teh hijau mampu mengurangi resiko terkena 2 penyakit di atas.

Mampu Membunuh Bakteri dan Membuat Gigi Sehat


Sebuah studi menyatakan jika katekin EGCG pada teh hijau mampu mencegah tubuh dari virus influenza.

Streptococcus Mutan adalah bakteri di dalam rongga mulut yang dapat mengancam kesehatan gigi pasien. Sebuah studi melaporkan jika teh hijau memiliki antibakteria yang dapat melawan bakteri tersebut.

Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular


Di lansir dari WHO, penyakit jantung dan stroke merupakan yang paling tinggi angka kematiannya dibandingkan dengan penyakit - penyakit lain.

Teh hijau secara signifikan mampu meningkatkan antioksidan dalam darah yang melindungi partikel LDL (kolesterol jahat) dari oksidasi yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Sebuah studi membuktikan jika orang yang mengkonsumsi teh hijau secara tidak berlebihan memiliki persentase lebih lendah terkena penyakit kardiovaskular.


Membuat Anda Memiliki Umur Lebih Panjang


Berikut situs healthline merangkum untuk anda tentang berkurangnya resiko kematian bagi mereka yang mengkonsumsi teh hijau:

  • Kematian karena penyakit jantung turun 31% bagi wanita dan 22% untuk pria.
  • Kematian karena stroke turun 42% bagi wanita dan 35% untuk pria.
  • Kematian karena penyebab lain turun 23% bagi wanita dan 12 untuk pria.


EmoticonEmoticon