Senin, 05 Februari 2018

10 Hewan Langka Yang Hanya Bisa Ditemukan Di Indonesia

Tags

Hewan Langka Di Indonesia

10 Hewan Langka Yang Hanya Bisa Ditemukan Di Indonesia. Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki berbagai macam jenis fauna yang tersebar di seluruh penjuru pulau. Saking banyaknya pulau - pulau di Indonesia dan juga tempat yang tidak berpenghuni, menjadi salah satu alasan kenapa negara ini memiliki begitu banyak jenis hewan.



Terkenal dengan sebutan 'The lost World of Asia', pulau - pulau di Indonesia menyimpan beberapa hewan langka yang tidak bisa anda temukan di belahan dunia lain dan telah bertahan hidup selama ribuan tahun dari bencana alam yang mematikan dan juga pemburu yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya kami merangkum tentang beberapa hewan - hewan langka di dunia dari daftar merah situs Uni Internasional untuk konservasi alam dan kali ini tafakta.com akan menyebutkan beberapa spesies fauna langka yang hanya bisa anda temukan di Indonesia.

1. Komodo atau "The King of Lizard"

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: pixabay.com
Hewan yang memiliki nama ilmiah Varamus Komodoensis ini adalah kadal langka asli daerah Komodo, Rinca, Padar, Gili Motang, Flores dan juga bisa ditemukan di timur Papua dan merupakan  jenis kadal terbesar di dunia yang memiliki panjang hingga 3 meter dan berat mencapai 70 kilogram.

The King of Lizard dikenal dunia barat pertama kali pada tahun 1910 oleh kolonial administrasi Belanda, Letnan Van Steyn Van Hensbroek. Dan apakah anda tahu jika ternyata film "King Kong" tahun 1933 terinspirasi oleh hewan asli negara kita tersebut? Sang produser W. Douglas Burden dikabarkan telah memperoleh inspirasi setelah melakukan ekspedisi panjang di pulau Komodo pada tahun 1927.

Dan sayang sekali meskipun telah dilabeli sebagai hewan langka di dunia, populasi Komodo dari tahun ke tahun semakin berkurang karena perburuan ilegal, kebakaran hutan dan kurangnya suplai makanan.

Baca Juga : Penyebab Utama Hewan Langka Yang Harus Anda Ketahui

2. Anoa

Sumber: flickr.com
Anoa, kerbau kerdil, atau penduduk lokal menyebutnya sapi hutan, hidup di dataran rendah dan tinggi di seluruh hutan hujan pulau Sulawesi. Hewan yang didaulat sebagai spesies kerbau paling kerdil ini diburu penduduk lokal untuk dikonsumsi dagingnya. Tetapi tidak sedikit yang berpendapat jika Anoa bisa membuat kita mabuk sehingga tidak bisa dihidangkan untuk dikonsumsi.

3. Macan Sumatra atau The King of Tiger

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: pixabay.com
Menurut sebuah agensi independent yang terkait dengan perlindungan harimau Sumatra di Indonesia yaitu HarimauKita, The King of Tiger merupakan hewan paling langka dan paling dilindungi di negara kita. Mereka melaporkan jika spesies ini hanya ada 350 ekor saja dan diperkirakan akan punah pada tahun 2050 nanti.

Faktor - faktor yang membuat populasi Harimau Sumatra terus berkurang yaitu karena penduduk lokal yang melakukan perburuan dan juga banyak sekali wilayah hutan di Sumatra yang dibakar untuk kepentingan perkebunan kelapa sawit sehingga habitat hewan Sumatra terus berkurang.

Untung saja pemerintah Indonesia membuat beberapa regulasi untuk melindungi habitat The King of Tiger.

4. Merak, Burung Paling Cantik

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: pixabay.com
Burung cantik satu ini bisa anda lihat di pulau Jawa dan Sumatra. Di negara India dan Malaysia juga ada burung merak, tetapi merak Indonesia lebih berwarna dari pada dua negara tersebut.

Burung Merak merupakan hewan yang tenang dan memiliki beberapa varian warna. Tetapi terkadang mereka juga bisa sangat agresif. Maka dari itu jangan heran jika petugas guide tidak mengijinkan anda untuk melakukan foto bersama hewan satu ini.

5. Badak Bercula Satu

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: pixabay.com
Badak Bercula Satu adalah salah satu hewan langka yang ada Indonesia dan paling banyak ditemukan di pulau Jawa. Dari tahun ke tahun populasi spesies fauna tersebut semakin berkurang karena penduduk lokal yang memburu cula dari badak dan dijual kepada koletor. Terlebih lagi hewan ini memiliki kesulitan reproduksi dan hanya bisa bertahan hidup hingga umur 80 tahun.

6. Orang Utan, Penduduk Hutan

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: pixabay.com
Dari 10 jenis hewan yang ada di dalam daftar ini, Orang Hutan lah yang paling terkenal. Hal tersebut dikarenakan bentuk fisiknya yang menyerupai manusia.

Spesies fauna jenis ini merupakan hewan paling langka di Indonesia karena habitatnya yang terus berkurang. Untung saja banyak orang dari seluruh dunia datang ke tempat asal Orangutan, Borneo atau Kalimantan, bersuka rela untuk membantu menyelamatkannya dari kepunahan.

7. Kijang

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: pixabay.com
Merupakan hewan pintar dan cepat yang bisa ditemukan di Sulawesi Utara. Spesies fauna yang biasanya hidup di sabana yang tidak tersentuh manusia ini mungkin tidak selangka seperti hewan lainnya, tetapi pemerintah Indonesia tetap melarang bagi siapapun saja untuk melakukan perburuan terhadap Kijang.


8. Penyu atau Kura - Kura Laut

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: pixabay.com
Penyu atau kura - kura laut ada 7 jenisnya yaitu:
  • Penyu Hijau
  • Penyu Tempayan
  • Penyu Sisik
  • Penyu Belimbing
  • Penyu Kemp's Ridley
  • Penyu Lekang
  • Penyu Pipih
Dari 7 spesies di atas, 6 di antaranya ada di Indonesia. Yang tidak ada di negara kita adalah penyu Kimp's Ridley.

Indonesia merupakan rumah dari konservasi kura - kura laut terbesar yang dibiayai oleh pemerintah. Penduduk lokal percaya jika melindungi penyu, mereka akan mendapatkan keberuntungan dari alam. Maka dari itu sangat sedikit sekali perburuan penyu yang ada di Indonesia.

9. Maleo

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: upload.wikimedia.org
Maleo adalah endemik besar Megapode di pulau Sulawesi dan satu - satunya anggota monotypic genus Macrocephalo. Hewan ini bisa ditemukan di daratan rendah dan bukit hutan Sulawesi dan merupakan hewan yang dilindungi di Indonesia.

10. Tarsius Tarsier

Hewan Langka di Indonesia
Sumber: pixabay.com

Tarsius Tarsier merupakan spesies primata kecil yang memiliki bulu coklat kemerahan, warna kulit abu - abu, mata yang besar dan juga sepasang telinga yang unik. Hewan ini hanya bisa ditemukan di hutan Sulawesi, Indonesia.


EmoticonEmoticon