Rabu, 31 Januari 2018

[Gambar Lengkap] Fenomena Langka Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018

Tags

Fenomena Langka Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018
Sumber: upload.wikimedia.org
Rabu tanggal 31 Januari 2018 dunia dihebohkan oleh fenomena yang sangat langka yaitu Super Blue Blood Moon di mana terakhir kali peristiwa ini terjadi pada tahun 1866. Ramai sekali masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia menantikan keajaiban dari Tuhan Yang Maha Esa tersebut.



Apa Itu Super Blue Blood Moon?


Fenomena terjadinya bulan purnama untuk yang kedua kalinya dalam satu bulan disebut sebagai 'Blue Moon'.

Pada dasarnya, supermoon terjadi karena jarak antara bumi dan bulan mendekat dan akan terlihat lebih besar dan juga terang. Orbit bulan terhadap bumi tidak sepenuhnya memtura seperti lingkaran, tetapi elips. Maka dari itu akan ada waktu di mana bulan jauh terlihat lebih dekat dengan bumi di beberapa tempat. Menurut Brian Day dari Nasa's Ames Research Center mengungkapkan jika bulan akan terlihat lebih besar 17% dari pada biasanya.

Dan yang membuat itu semua lebih menarik adalah fenomena - fenomena tersebut terjadi bersamaan dengan terjadinya gerhana bulan total. Maka diberi nama 'Super Blue Blood Moon'

Manfaat Bagi Peneliti


Ilmuan -ilmuan NASA mengatakan reaksi permukaan bulan selama eclipse mampu memberikan pengetahuan misi pendaratan ke bulan.

Ilmuan Day mengatakan jika temperatur di bulan berubah sangat drastis sekali yaitu dari 200 derajat Fahrenheit lebih kemudian menjadi minus 200 derajat. Anda bisa membayangkan di mana saat bulan terpapar sinar matahari secara langsung kemudian berubah warna menjadi gelap dan hal tersebutlah yang membuat suhu berubah sangat drastis.

Dampak Super Blue Blood Moon


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan dampak yang terjadi akibat fenomena langka tersebut di situs resmi.

Mereka menghimbau bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di pesisir pantai untuk berhati - hati akan adanya peningkatan pasang air laut maksimum yang mampu menyebabkan banjir rob.

Hal tersebut diprediksi akan terjadi pada tanggal 29 Januari hingga 2 Februari 2018.


Gambar - Gambar Super Blue Blood Moon di Seluruh Bagian Dunia


Bagi anda yang ketinggalan fenomena super langka ini karena kondisi cuaca di Indonesia atau hal - hal lain, jangan khawatir. Tafakta.com akan menunjukkan beberapa foto Super Blue Blood Moon dari penjuru dunia sebagai berikut:


EmoticonEmoticon