Sabtu, 20 Januari 2018

10 Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Tags

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di bumi kita ini dan menjadi pendamping bagi manusia. Memiliki banyak sekali jenis atau macam yang banyak sekali, berbahaya dan tidak berbahaya, hidup di darat, udara dam laut dan memiliki ukuran yang sangat kecil dan sangat besar.



Kali ini tafakta.com menyajikan informasi - informasi mengenai serangkain hewan - hewan dengan ukuran fantastis yang meliputi jenis amfibi, bersayap, mamalia, dan reptil. Langsung saja kita ke topik pembahasannya di bawah ini.

Daftar Hewan Terbesar Di Dunia


10. Capybara


Hewan Terbesar Di Dunia
Capybara
Capybara merupakan hewan pengerat terbesar di dunia, berasal dari daerah tropis dan beriklim sedang di Amerika Selatan, dan juga hidup di dekat air. Saat mereka dewasa, ukuran mereka mencapai tinggi 1.5 meter dengan berat sebesar 105.4 kilogram. Hewan pengerat adalah herbivora  dan hidup secara berkelompok mulai dari 6 hingga 20 ekor.

Baca Juga : MENGERIKAN! 10 Jenis Ular Terbesar Di Dunia

9. The Giant Golden Crowned Flying Fox


Hewan Terbesar Di Dunia
The Giant Golden Crowned Flying Fox
Meskipun namanya memiliki arti rubah, tetapi pada kenyataannya hewan ini adalah kelelawar terbesar yang ada di dunia dan sering juga disebut dengan nama lain yaitu Golden-Crowned Flying Bat. The Giant Golden Crowned Flying Fox sangat langka sekali hingga masuk ke dalam daftar merah Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) dan hanya bisa ditemukan di hutan hujan Filipina. Untuk ukurannya, kelelawar ini memiliki panjang 55 cm dan ukuran sangat besar untuk seekor kelelawar yaitu 1.5 kilogram.

Anda mungkin juga tertarik untuk membaca artikel mengenai informasi daftar 20 Hewan Paling Langka di Dunia yang masuk ke dalam catatan merah IUCN.

8. Flemish Giant


Hewan Terbesar Di Dunia
Kelinci Flemish
Hewan ini adalah jenis kelinci terbesar di antara jenis kelinci lainnya yang ada di dunia dengan berat 12.7 kilogram dan panjang 2.5 kaki 0.8 meter. Sebagai tambahan bagi anda, meskipun memiliki ukuran raksasa, hewan ini mampu dipelihara seperti kelinci - kelinci lainnya dengan varian 7 warna. Untuk membedakkan antara jantan dan betin yaitu dengan melihat bentuk dari kepalanya.

7. Salamander Cina


Hewan Terbesar Di Dunia
Salamander Raksasa Cina
Salamander ini menyabet dua kategori sekaligus yaitu salah satu reptil dan amfibi terbesar yang ada di bumi dengan panjang hingga 6 kaki atau 1.8 meter dengan berat 24.9 - 29.9 kilogram dan hanya bisa ditemukan di negara China saja sehingga masuk dalam catatan merah IUCN karena saking langkanya.

6. Buaya Air Asin


Hewan Terbesar Di Dunia
Buaya Air Asin
Tidak diragukan lagi jika buaya merupakan hewan besar dengan berat 1000 - 1200 kilogram dengan panjang 5 meter. Tetapi rekor terbesar yang pernah dicatat yaitu memiliki panjang 6.3 meter dan berat mencapai 1900 kilogram.

5. Beruang Coklat dan Beruang Kutub


Hewan Terbesar Di Dunia
Beruang Coklat
Masing - masing beruang mempunyai tinggi 3 meter dan berat maksimum mencapai 1000 kilogram dan dikenal sebagai salah satu karnivora terbesar di daratan bumi. Kedua jenis hewan tersebut memiliki ukuran tubuh yang hampir sama sehingga sangat sulit untuk membedakannya.

4. Gajah Laut Selatan


Hewan Terbesar Di Dunia
Gajah Laut Selatan
Saat ini, gajah laut masuk kedalam kategori karnivora terbesar yang ada di dunia dengan jenis betina rata - rata memiliki berat mulai dari 400 hingga 900 kilogram dengan panjang 2.6 sampai 3 meter. sedangakan pejantan jauh lebih kecil.

3. Jerapah


Hewan Terbesar Di Dunia
Jerapah
Jerapah merupakan hewan tertinggi dan terpanjang di dunia dengan tinggi 5.8 meter dan berat mencapai 2000 kilogram. Tetapi rata rata pejantan memiliki berat 1600 kilogram dan betina 830 kilogram.

2. Gajah Afrika


Hewan Terbesar Di Dunia
Gajah Afrika
Tidak diragukan lagi jika gajah Afrika dikategorikan sebagai hewan terbesar yang ada di planet ini dengan berat tubuh mencapai nilai yang fantastis yaitu 6350 kilogram dengan panjang dihitung mulai dari gading hingga ekor 10.6 meter. Saking besarnya hewan ini membuat tidak ada predator yang mampu memangsanya.

1. Paus Biru


Hewan Terbesar Di Dunia
Paus Biru
Dan hewan dan mamalia terbesar yang ada di muka bumi ini dipegan oleh Paus Biru dengan nilai panjang dan berat yang sangat fantasis yaitu 30 meter dan 140.000 kilogram untuk ukuran dewasa.

Selain hewan terbesar, tafakta.com juga membuat artikel informasi yang membahas tentang 10 Jenis Ular Terbesar Di Dunia yang masih bertahan hidup sampai sekarang.


EmoticonEmoticon