Senin, 01 Januari 2018

5 Hewan Peliharaan Lucu Dan Imut Yang Mudah Dipelihara

Tags

5 Hewan Peliharaan Lucu Dan Imut Yang Mudah Dipelihara
Hewan Peliharaan Lucu, Landak Mini


Zaman sekarang, hewan peliharaan sepertinya sudah menjadi salah satu bagian dari keluarga besar manusia. Mereka mendapatkan jatah makan setiap harinya, tempat untuk tidur, mandi, dan bahkan mendapatkan fasilitas kesehatan dari sang majikannya ketika sakit. Mungkin saja nanti akan ada bpjs untuk hewan peliharaan ya?


Banyak sekali di antara kita tidak menyadari jika memiliki hewan peliharaan yang lucu, sangat bermanfaat bagi pemelihara itu sendiri. Dilansir dari animalplanet.com, menyatakan banyak sekali bukti kalau memelihara hewan bermanfaat bagi kesehatan seperti fisik, meningkatkan emosi dan mental, hingga mengurangi resiko penyakit jantung.

Tidak heran jika sebagian dari kita rela mengeluarkan uang yang sangat banyak hanya untuk membeli hewan peliharaan dan juga biaya perawatannya seperti yang disebutkan pada paragraf pertama artikel ini.

Banyak sekali jenis hewan yang bisa kita pelihara di rumah. Mulai dari hewan melata, memiliki sayap dan yang hidup di air. Di luar negeri sana, anjing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara. Bahkan hewan ini juga terkenal sangat loyal kepada sang pemilik. Tak heran ada film berdasarkan kisah nyata yang menceritakan tentang kesetiaan anjing yang menunggu di stasiun kereta hingga ajal menyemputnya. Padahal sang pemilik telah lebih dulu meninggalkan hewan ini terlebih dahulu.

Tetapi anjing di Indonesia tidak begitu terkenal seperti di negara barat sana. Orang - orang di negara kita memiliki mind set dimana anjing itu menakutkan, memiliki gigi besar dan tajam, dan sering mengejar bagi orang yang ketakutan.

Tetapi tidak usah sedih, kali ini tafakta.com akan memberikan solusi kepada anda semua tentang beberapa hewan lucu, menggemaskan dan tidak menyeramkan yang bisa anda jadikan peliharaan selain anjing. Mari langsung saja ke pembahasan yang pertama.

1. Kucing


5 Hewan Peliharaan Lucu Dan Imut Yang Mudah Dipelihara
Kucing


Siapa yang tidak kenal dengan hewan satu ini. Kucing merupakan jenis hewan peliharaan yang sangat lucu, manja dan tidak berbahaya sama sekali meskipun mereka memiliki taring yang tajam. Karena kebanyakan kucing liar tidak akan menyerang kita saat terancam, melainkan mereka akan lari tidak seperti anjing yang akan menyerang kita.

Hewan peliharaan satu ini memiliki banyak sekali jenis atau ras. Yang paling terkenal dan banyak diperlihara di Indonesia adalah kucing liar itu sendiri, anggora dan persia.

Kucing akan terlihat sangat lucu ketika mereka masih kecil umur 2 bulanan. Karena mereka cenderung aktif lari larian dan bermain, tidak seperti kucing dewasa yang lebih banyak diam dan tidur. Tidak heran jika daya jual kucing yang masih anak - anak lebih tinggi dari pada yang dewasa.

Berikut adalah alasan - alasan kenapa anda harus menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan:
  • Suara kucing mendengkur sangat nyaman didengarkan.
  • Anda bisa memeluk kucing.
  • Tidak butuh banyak latihan untuk bisa akrab.
  • Pada dasarnya kucing tidak perlu mandi, jadi perawatan ini tidak merepotkan karena jarang dilakukan.
  • Merupakan hewan yang tidak membutuhkan perhatian yang lebih.
  • Bisa diajak bermain.
  • Tidak membutuhkan banyak ruang seperti anjing.

2. Hamster


5 Hewan Peliharaan Lucu Dan Imut Yang Mudah Dipelihara
Hamster


Kecil, berbulu dan lucu, hamster merupakan hewan peliharaan yang mudah sekali dipelihara. Jika anda ingin memelihara hewan yang tidak memerlukan ruang yang besar, berbulu, dan tidak berisik seperti anjing, hamster merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda.

Hewan melata ini juga memiliki jenis yang cukup banyak, tetapi yang paling terkenal dan lucu diantara mereka adalah jenis Syria atau sering disebut dengan "Golden Hamster".

Perawatan hamster jauh lebih mudah dibandingkan dengan kucing. Hamster tidak perlu mandi karena bisa tetap bersih dengan caranya sendiri. Makanannya pun tidak mahal seperti kucing maupun anjing dan tidak perlu perhatian yang lebih.

Untuk menyenangkan hamster anda tidak perlu membawanya jalan - jalan, hanya perlu kandang dan alat bermainnya. Tingkahnya yang sangat aktif, berlari - lari di roda putarnya, sangat menyenangkan dan lucu jika disaksikan.

3. Tikus Belanda atau Guinea Pig atau Marmut


5 Hewan Peliharaan Lucu Dan Imut Yang Mudah Dipelihara
Tikus Belanda, Guinea Pig, Marmut

Hampir sama dengan hamster, marmut juga menjadi salah satu hewan yang lucu dan mudah dipelihara. Yang membedakkan antara marmut dengan hamster adalah sebagai berikut.
  • Ukuran marmut lebih besar dari pada hamster.
  • Marmut makan sayur sayuran sedang hamster biji - bijian.
  • Hamster memiliki kantung makanan di mulutnya sedangkan marmut tidak.
  • Telinga hamster mampu beridiri tegak sedangkan marmut tidak.
  • Hamster cenderung aktif tidak seperti marmut yang pasif.
  • Marmut sangat membutuhkan vitamin c, kekurangan kandungan ini mampu menyebabkan marmut sakit bahkan mati. Sedangkan hamster tidak terlalu membuthukan vitamin c.
  • Marmut membutuhkan kandang yang besar tidak seperti hamster.

Marmut memiliki umur yang cukup panjang. Meskipun tidak seperti kucing yang bisa bertahan hidup dari 12 hingga 15 tahun, marmut juga memiliki umur yang panjang sampai 7 tahun.  Waktu tersebut bisa dikatakan cukup lama mengingat ukuran dan cara pemeliharaan yang terbilang mudah.

Seperti hewan - hewan lainnya, marmut juga bisa hidup bersama - sama. Pastikan untuk memisahkan antara betina dan jantan jika anda tidak ingin mendapatkan bayi marmut yang tidak diinginkan.

4. Landak Mini


5 Hewan Peliharaan Lucu Dan Imut Yang Mudah Dipelihara
Landak Mini


Landak mini mungkin memiliki banyak duri di punggung mereka, tetapi dia tidak akan menakuti atau mengejar teman - teman anda. Memang terdengar aneh untuk menjadi landak mini menjadi hewan peliharaan. Tetapi sekarang banyak sekali orang - orang yang memulai untuk mengadopsi jenis hewan lucu satu ini. 

Tentu saja landak mini ini mudah sekali dipelihara sama seperti hamster dan marmut. Mereka membutuhkan kandang yang bersih, makanan yang selalu diisi setiap hari, memandikannya pun juga tidak terlalu sering.

Mungkin sudah terlalu umum untuk memelihara hewan seperti kucing, anjing, dan lainnya. Maka dari itu, mengadopsi landank mini menjadi hewan peliharaan anda bisa untuk ajang pamer dan pasti teman kalian akan terkesan.

Alasan - alasan di bawah ini mungkin mampu meyakinkan anda untuk membli landak mini:
  • Ringan dan tidak agresif.
  • Tidak akan mengganggu kenyamanan tetangga karena tidak berisik.
  • Hanya membutuhkan kandang yang kecil.
  • Hewan ini lucu, dan memiliki rasa penasaran yang tinggi.

5. Kelinci


5 Hewan Peliharaan Lucu Dan Imut Yang Mudah Dipelihara
Kelinci

Sepertinya untuk hewan satu ini tidak perlu saya jelaskan. Mudah sekali perawatannya, makan sayur mayur, dan tentu saja, lucu. Jika anda alergi terhadap hewan - hewan di atas, kelinci bisa jadi pilihan yang sangat tepat bagi anda yang berencana mengadopsi hewan peliharaan.


EmoticonEmoticon