Rabu, 10 Januari 2018

20 Hewan - Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah

Tags


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Gooty Tarantula, salah satu di antara hewan - hewan langka menurut IUCN.

Di dunia kita ini, hidup berbagai macam jenis hewan yang hidup di daratan, udara maupun air. Tetapi secara tidak kita sadari, jumlah beberapa spesis dari mereka setiap hari semakin berkurang dan hampir mengalami kepunahan karena hukum alam dan juga aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: 5 Hewan Peliharaan Lucu Dan Imut Yang Mudah Dipelihara

Kali ini tafakta.com akan menyebutkan 20 hewan langka berdasarkan situs tailandfur.com yang merujuk pada IUCN (International Union of Conservation of Nature and Natural Resources) atau Uni Internasional untuk konservasi alam.

1. Amur Leopard


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Amur Leopard

Spesies leopard satu ini hanya bisa ditemukan di daerah Primrye, Russia. Mereka mampu berlari dengan kecepatan 37 mil per jam yang sama dengan jenis leopard lainnya. Amur Leopard memiliki berbagai macam sebutan yaitu Fast East Leopard, Korean Leopard, Manchurian dan masih banyak lagi. Menurut laporan pada tahun 2007 menyatakan jika spesies ini hanya tersisa 14 - 20 ukuran dewasa dan 5 - 6 yang masih anak - anak.

2. Orang Utan


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Orang Utan

Hewan langka ini berasal dari negara yang kita banggakan, Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan. Populasi mereka turun secara signifikan hingga mencapai 60% dihitung sejak tahun 1950. Penyebab dari kelangkaan spesies ini salah satunya adalah perburuan ilegal.

Baca Juga : 10 Hewan Langka Yang Hanya Bisa Ditemukan Di Indonesia

3. White Rumped Vulture


White Rumped Vulture
White Rumped Vulture

Lebih mengerikan dari pada orang hutan, total burung satu ini berkurang sangat drastis hingga mencapai 99% dihitung sejak tahun 1980 dan dilabeli dengan rekor penurunan spesies burung tercepat yang pernah tercatat dalam sejarah.

4. Rubah Darwin


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Rubah Darwin


Rubah satu ini ditemukan pertama kali oleh Charles Darwin. Ciri - ciri hewan satu ini memiliki bulu hitam dan kaki yang pendek. Yang menyebabkan spesies ini menjadi langka yaitu karena kehilangan habitat dan perburuan. Populasinya bisa anda temukan di Chili tepatnya di pulau Chiloe dan IUCN memperikiran hanya ada sekitar 659 sampai 2499 ekor saja.

5. Ili Pika


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Ili Pika

Hewan satu ini merupakan mamalia yang mempunyai ukuran tubuh kecil, dan hanya bisa ditemukan di pegunungan Tianshan, Cina. Menurut laporan jika spesies ini mengalami penurunan habitat sebesar 70 % sejak tahun 1983 dan hanya menyisakan sekitar 1000 ekor yang ada di alam liar.

6. Pangolin.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Pangolin

Pangolin atau trenggiling merupakan hewan nocturnal atau aktif di malam hari, dengan sisik disekujur tubuhnya. Binatang ini memiliki kemampuan untuk menggelinding seperti bola. Hewan ini umumnya bisa ditemukan di daerah Asia dan Afrika dan bertahan hidup dengan memakan semut dan juga rayap. Ada 3 jenis mangolin yang terancam punah menurut IUCN yaitu Manis Javanica ( Pangolin Malaya dan Jawa), Manis Crassicaudata (India) dan Manis Pentadactyla (Cina).

7. Peruvian Black Spider Monkey


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Peruvian Black Spider Monkey

Namanya agak sedikit rumit ya? Hewan ini hanya bisa anda temukan di utara sungai amazon, Amerika Selatan bagian timur yaitu negara Peru. Menurut IUCN, populasi monyet ini berkurang sekitar 50% dalam 45 tahun terakhir karena perburuan dan kehancuran hutan hujan.

8. Spoon Billed Sandpiper


Hewan satu ini adalah jenis burung yang hanya bisa ditemui di bagian timur laut Russia dan dikabarkan hanya tersisa 240 - 400 ekor saja di alam liar. Burung kecil ini bisa ditemui berenang di air yang dangkal sepanjang waktunya.

9. Kura - Kura Geometric.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Kura - Kura Geometric

Kura - kura geometric merupakan yang paling cantik di antar jenis kura - kura lainnya dan pada umumnya bisa di temukan di provinsi Cape, Afrika Selatan. Hewan ini hanya tersisa sejumlah 800 ekor dewasa dan terancam punah karena kehilangan habitatnya dan juga oleh pemangsa.

Baca Juga : Penyebab Utama Hewan Langka Yang Harus Anda Ketahui

10. Kodok Stubfoot.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Kodok Stubfoot

Kodok Stubfoot merupakan hewan yang sudah sangat jarang sekali bisa dilihat dan mereka biasanya dapat ditemui di negara Ekuador. Spesies satu ini terancam punah karena penyakit Sitridiomikosi, yaitu penyakit menular pada amfibi. Sekarang kodok jenis ini hanya bisa anda lihat di pulau Gorgona tetapi populasinya sangat sedikit sekali.

11. Saola.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Saola

Saola atau sering dikenal dengan sebutan 'Asian Unicorn' ini pertama kali ditemukan pada tahun 1992. Jenis sapi satu ini sangat langka sekali bahkan para peneliti - peniliti bisa bertemu hanya sebanyak 4 kali saja di alam liar. Sangat minim sekali informasi - informasi tentang hewan satu ini. Mereka terancam punah karena tingkat perburuan yang tinggi dan perubahan lingkungan hidup.

12. Giant Otter.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Giant Otter

Giant Otter dapat dijumpai di daerah Amerika Selatan dan merupakan species Otter paling besar di dunia. Jumlah populasi hewan ini hanya ada beberapa ribu ekor saja di alam liar. Ada yang mengatakan jika giant otter adalah hewan yang sangat pintar dan ahli dalam berburu.  Perburuan dan penambangan emas membuat spesies hewan ini terancam punah.

13. Araripe Manakin.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Araripe Manakin

Burung cantik satu ini umunya ada di Brazil dan sekarang jumlahnya hanya ada sekitar 780 ekor saja di alam liar. Hewan ini mengalamin kehilangan habitat yang sangat besar dan aktivitas - aktivitas lainnya seperti pembangunan - pembangunan untuk kepentingan manusia.

14. Cuban Greater Funnel Eared Bat.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Cuban Greater Funnel Eared Bat

Jenis kelelawar satu ini hanya bisa ditemui di Cueva La Barca, Kuba. IUCN memperkirakan bahwa hanya ada sekitar 100 ekor saja jenis spesies di tempat mereka berasal. Hilangnya habitat dan gangguan dari manusia yang masuk ke dalam gua lah yang menyebabkan kelelawar ini menjadi langka.

15. Gooty Tarantula.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Gooty Tarantula

Gooty Tarantula hanya bisa ditemukan di Sri Lanka dan India bagian tenggara saja. Mereka juga terkenal dengan sebutan 'peacock Tarantula' karena warna tubunya yang indah seperti merak. Sayangnya laba - laba satu ini mengalami kehilangan habitat dan masuk ke daftar merah situs IUCN. Jenis hewan satu ini juga tergolong dalam salah satu spesies tarantula paling tua di dunia.

16. Golden Rumped Elephant Shrew.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Golden Rumped Elephant Shrew

Spesies satu ini merupakan endemik negara Kenya. Ancaman utama yang menyebabkan Golden Rumped Elephant Shrew langka adalah karena kehilangan habitatnya. Status populasi tikus ini terus berkurang dan laporan yang disebutkan IUCN yaitu jika hanya ada 13000 ekor tikus dewasa saja yang tersisa.

17. Angel Shark.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Angel Shark

Situs IUCN menyebutkan ada 20 jenis Angel Shark yang berada di catatan merah. Kali ini akan saya ringkaskan tentang tempat habitatnya dan total ekor Angel Shark yang tersisa (Apabila tersedia).
  • Sawback Angelshark, Monkfish, atau Spiny Angelshark terdapat di lautan Mediterania dan timur Atlantik. Status: Terus berkurang.
  • African Angelshark. Tersebar di timur samudra Hindia. Status: Terus Berkurang.
  • Eastern Angel Shark. Merupakan endemik timur Australia. Status: Terus Berkurang.
  • Argentine Angel Shark, Longfin Angelshark. Terdapat di barat day Samudra Atlantik. Status: Terus Berkurang.
  • Dan masih banyak lagi jenis Angel Shark lainnya.

18. Northern Hairy Nose Wombat.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
NOrthern Hairy Nose Wombat

Untuk bisa bertemu dengan hewan satu ini secara langsung, anda harus pergi Australia, tepatnya di taman nasional hutan Epping. Tercatat dalam situs IUCN hanya ada 80 ekor dewasa Northern Hairy Nose Wombat. Kepunahan hewan satu ini paling umum dikarenakan kehilangan habitatnya.

19. Sawfish.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Sawfish

Ikan ini memiliki moncong yang sangat panjang dan memiliki gerigi di sisi - sisinya dan berfungsi untuk mencari makanan di dasar laut. Dalam situs IUCN menyebutkan ada 4 jenis sawfish yang masuk dalam kondisi merah atau langka yaitu sebagai berikut:
  • Narrow Sawfish:

  • Keberadaan jenis ikan satu ini dipercaya berada di daerah teluk persia, di sepanjang Asia Tenggara dan kepulauan Indonesia Australia, dan juga Jepang bagian utara dan Korea Selatan. Beberapa laporan jika Narrow Sawfish juga terlihat di teluk Somalia, Chili dan China.
  • Dwarf Sawfish:

  • IUCN tidak memiliki banyak informasi tentang jenis ikan sawfish satu ini dibandingkan dengan lainnya. Tetapi mereka menyatakan jika Dwarf Sawfish sekarang mungkin hanya bisa ditemukan di utara Australia dan samudra Hindia sebelah timur.
  • Smaltooth Sawfish:

  • Smaltooth Sawfish ditemukan dari Uruguay menuju kepulauan Karibia dan Amerika Tengah, teluk Mexico, dan di sepanjang pantai Atlantik Amerika Serikat.
  • Largetooth Sawfish:

  • Populasi jenis ikan ini ditemui di beberapa daerah yaitu Atlantik bagian timur dan barat, Pasifik bagian timur dan juga di Pasifik bagian barat Indonesia.
  • Green Sawfish:

  • Merupakan sawfish yang mungkin saja paling besar di antara jenis - jenis lainnya, bisa mencapai panjang sekitar 6 meter, dan berdasarkan catatan sejarah, Green Sawfish tersebar dari Afrika Selatan hingga Australia dan Taiwan, termasuk juga laut merah yaitu teluk persia dan beberapa pulau - pulau di samudra Hindia.
Rata - rata penyebab langkanya ikan sawfish di atas adalah karena perburuan untuk dimanfaatkan sirif, daging dan juga kulitnya. Situs IUCN tidak menyebutkan berapa jumlah ekor yang tersisa untuk masing - masing jenis, tetapi mereka berada dalam status hampir punah.

20. Badak Sumatra.


Binatang Atau Hewan Langka Di Dunia Yang Terancam Punah
Badak Sumatra

Cula dari badak satu ini sangat terkenal sekali dan menjadi alasan utama penyebab kelangkaannya karena digunakan untuk membuat obat tradisional. Situs IUCN melaporkan hanya tinggal 200 ekor saja yang tersisa di Malaysia dan Indonesia.

Sebenarnya masih ada banyak sekali jenis binatang langka lainnya di dunia ini yang terancam punah. Jika anda ingin mengetahui lebih detail tentang hewan - hewan tersebut, anda bisa mengunjungi situs resmi disini tetapi dalam bahasa Inggris.


EmoticonEmoticon