Jumat, 22 Desember 2017

Tips Cara Merawat Smartphone Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Tips Cara Merawat Smartphone Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Tips Cara Merawat Smartphone Android Agar Awet Dan Tahan Lama. Merawat smartphone agar awet dan tahan lama merupakan suatu keharusan supaya gadget kita tetap dalam kondisi bagus dan berfungsi secara maksimal. Banyak sekali tips di internet tentang bagaimana cara merawat smartphone android agar awet dan tahan lama. Cara - cara yang diberikan pun juga tidaklah sulit dan mudah sekali untuk dilakukan.

Baca Juga: Fakta Menarik Dan Unik Tentang Tentang Smartphone Yang Belum Anda Ketahui

Banyak sekali kerugian bagi pengguna smartphone android jika tidak merawat gadget mereka. Mulai dari berkurangnya performa android karena sobat terlalu memaksa smartphone untuk bekerja dengan keras. Kemudian terjadinya kejadian yang tidak terduga seperti jatunya smartphone sobat dan mengakibatkan gadget rusak dan tidak bisa lagi digunakan bahkan hancur. Dan pada akhirnya sobat harus membeli baru atau memperbaiki ke service center yang mungkin saja membutuhkan dana yang tidak sedikit dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Dan karena smartphone yang rusak baik internal maupun eksternal, nilai daya jualnya pun berkurang bahkan tidak laku dijual kembali. Maka dari itu merawat smartphone android merupakan hal penting bagi kita semua.

Kali ini saya akan memberitahu pembaca tafakta.com bagaimana tips cara merawat smartphone android kita agar tetap awet dan juga tahan lama. Sumber tips ini saya ambil dari berbagai sumber dari dalam maupun luar negeri. Langsung saja kita ke pembahasan yang pertama.

1. Casing


Tips Cara Merawat Smartphone Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Casing merupakan hal penting bagi kita yang ingin merawat smartphone. Karrena casing berfungsi untuk melindungi fisik gadget kita dari kejadian yang tidak terduga. Contohnya yaitu jatuh yang dapat mengakibatkan fisik smartphone sobat mengalami bopeng dan tidak seperti baru lagi. Memang casing membutuhkan biaya untuk mendapatkannya. Tetapi tidak ada salahnya juga kita mengeluarkan sedikit dana agar smartphone kita tetab bagus dan nilai jual smartphone kita tidak turun secara drastis.

Casing juga melindungi smartphone kita dari goresan - goresan yang diberikan oleh permukaan di mana kita meletakkan gadget kita. Tentu sedikit goresan pun juga sangat mengganggu. Alangkah baiknya kita melindungi smartphone kita dari masalah tersebut supaya android kita tetap bagus dan enak dilihat. Maka dari itu casing adalah hal penting bagi sobat jika ingin merawat smartphone android supaya awet dan tahan lama dari segi fisik.

2. Screen Protector (Pelindung Layar)


Tips Cara Merawat Smartphone Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Screen protector juga merupakan hal yang penting. Jika anda tidak percaya, lakukanlah riset sendiri. Yaitu dengan cara menempelkan layar touchscreen kita dengan screen protector. Tunggu beberapa bulan dan lihat apa yang terjadi. Banyak sekali goresan di mana - mana. Bayangkan jika layar anda tidak dilindungi oleh screen protector. Maka layar smartphone anda tidak akan terlihat bening lagi.

3. Charging


Tips Cara Merawat Smartphone Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Mungkin banyak sobat - sobat sekalian tidak mengetahui betapa pentingnya untuk tidak melakukan charging baterai secara berlebihan dan tidak menggunakan sembarang charger. Saya pernah membaca sebuah artikel tentang merawat baterai smartphone agar tetap awet yaitu dengan cara tidak melakukan charging lebih dari 80%. Dan kasus ini pun menimpa saya, karena saya selalu meninggalkan smartphone dalam keadaan charging, gadget saya sering mengalami penurunan baterai seecara drastis.

Kemudian jangan memakai sembarang charger yang tidak memiliki daya input yang sama. Ini dapat mengakibatkan port charger kita mengalami kerusakan dan tidak bisa mengisi daya baterai lagi atau susah sekali mengisi dayanya.

Dua cara ini termasuk mudah dan tidak membutuhkan biaya. Namun keteledoran kita lah yang harus diperhatikan. Karena banyak sekali pengguna smartphone yang meninggalkan gadget kita dalam keadaan charging saat mereka tidur. Dan untuk kasus yang kedua yaitu di saat sobat membutuhkan daya baterai, sobat terpaksa meminjan charger dari teman sobat dan pada akhirnya smartphone mereka tidak bisa awet dan tahan lama dalam segi ketahanan baterai.

4. Performa Smartphone


Tips Cara Merawat Smartphone Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Supaya gadget kita tetap berjalan mulus dan tidak mengalami lag, perhatikan aplikasi dan cache (sampah) yang ada di smartphone sobat. Pasang aplikasi yang menurut sobat bermanfaat dan hapus aplikasi yang tidak bermanfaat. Selalu usahakan memori internal maupun eksternal memiliki space atau ruang kosong yang banyak.

Hapus juga cache (sampah) yang mengakibatkan smartphone kita lag. Ada beberapa aplikasi di playstore yang memberikan fitur untuk membersihkan cache secara otomatis. Saya menggunakan Clean Master untuk tugas satu ini. Karena selain aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari brand smartphone saya, aplikasi ini juga memiliki fitur membersihkan aplikasi berjalan yang sedang tidak digunakan di ram.

5. Tambahan


4 hal di atas tidak akan berguna jika sobat - sobat sekalian tidak berhati - hati dalam menggunakan smartphone. Saya pernah mendapati seseorang yang memainkan gadget mereka saat berkendara. Itu merupakan hal yang sangat berbahaya sekali. Resikonya tidak lagi smartphone sobat tidak awet dan tahan lama, nyawa pun juga bisa tidak awet dan tahan lama. Maka dari itu jika ingin menggunakan smartphone saat berkendara, hendaklah berhenti sejenak agar tidak membahayakan smartphone, nyawa sobat dan nyawa orang - orang disekitar.

Kasus selanjutnya yaitu selalu ingat - ingat di mana sobat meletakkan smartphone. Saya pernah ceroboh melempar tas saya yang berisi smartphone. Saat saya periksa, ada retakan di screen protector dan smartphone saya mati. Tetapi untungnya masih bisa dihidupkan kembali. Maka dari itu saya ingatkan sobat - sobat sekalian untuk selalu berhati - hati saat meletakkan smartphone sobat.

Demikianlah tips cara merawat smartphone adnroid agar awet dan tahan lama dari saya. Semoga dengan adanya artikel ini mampu bermanfaat bagi gadget sobat supaya tetap awet, tahan lama dan masih memiliki tingkat daya jual yang masih tinggi.


EmoticonEmoticon