Sabtu, 23 Desember 2017

Insomnia? 4 Makanan Yang Membantu Cepat Tidur

Tags

Insomnia? 4 Makanan Yang Membantu Cepat Tidur

Insomnia? Makanan Yang Membantu Cepat Tidur. Insomnia sangat begitu mengganggu aktivitas kita di kemudian hari. Insomnia dilansir menurut Aladokter adalah kelainan kelainan kondisi di mana penyandang penyakit mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur meskipun badan memiliki kemampuan untuk itu. Dan pada keesokan harinya, kondisi sang penderita tidak fit untuk melakukan kegiatan - kegiatannya.

Ada banyak sekali faktor faktor yang menyebabkan sobat mengalami insomnia. Contohnya adalah insomnia karena pengaruh obat. Beberapa obat yang mungkin menyebabkan insomnia yaitu obat sakit punggung, asma, alergi pada nasal/sinus dan masih banyak lainnya. Faktor lainnya yaitu depresi. Seperti yang mungkin pernah alami, depresi akan sesuatu juga menyebabkan sobat sulit untuk tidur karena sobat terlalu memikirkan masalah anda. Kegelisahan juga mungkin bisa menjadi penyebab anda sulit tidur, contohnya yaitu seperti mengingat masa lalu, terlalu mengkhawatirkan akan masa depan. Dan masih banyak lagi yang mampu menyebabkan anda sulit tidur.

Kali ini akan dibahas beberapa makanan dan kandungan di dalam makanan tersebut yang mungkin mampu membuat anda semua lebih bisa cepat tidur. Makanan di bawah ini tentu saja sehat dan alami sehingga tidak berbahaya jika di konsumsi berlebihan. Langsung saja kita masuk ke dalam pembahasannya.

1. Cherries


Insomnia? 4 Makanan Yang Membantu Cepat Tidur

Tidak semua cherry diciptakan sama. Tart cherry dapat membantu anda cepat tidur dari pada cherry manis dan cherry maraschino. Menurut Elizabeth Somer, M.A., R.D., penulis buku Food and Mood dan Eat Your Way to Happiness mengatakan ada penelitian tentang buah cherry  di mana buah tersebut memiliki melatonin yang dapat membantu sobat tidur. Dia juga mengatakan jika tingkat melatonin di tubuh sobat meningkat, maka itu akan membantu anda cepat tidur. Cara mengkonsumsinya juga cukup mudah. Anda bisa membuatnya menjadi jus atau di makan secara langsung sebagai jajanan ringan.

2. Almonds


Insomnia? 4 Makanan Yang Membantu Cepat Tidur

Almond merupakan makanan yang menakjubkan. Jenis makanan satu ini tidak hanya memiliki protein yang mampu membuat anda kenyang tetapi juga memiliki kandungan yang mampu membantu anda cepat tidur. Berikut diantaranya:
  • Tryptophan

    Tryptophan adalah amino acid yang memproduksi 2 kunci neurotransmitter, yaitu melatonin dan serotonin. Melatonin tersebut mampu mengatur kembali regulasi jam tidur tubuh anda di mana anda akan capek pada malam hari dan bangun pada pagi hari. Sedangkan serotonin mampu meredakan depresi yang mampu membuat anda sulit untuk tidur.
  • Magnessium 

    Banyak study telah membuktikan jika berkurangnya sedikit saja kandungan magnesium di dalam tubuh dapat mempengaruhi tidur anda. Magnesium membantu otot untuk berelaksasi sehingga mampu meningkatkan durasi dan efektivitas tidur.
  • Kalsium

    Meningkatkan kalsium mampu meningkatkan hormon melatonin yang mampu memabntu anda merasa kantuk. Banyak studi telah menemukan bahwa kandungan kalsium merupakan paling tinggi saat kita sedang tidur. Maka dari itu, susu hangat merupakan penawar insomnia. Tetapi bagaimanapun juga, kekurangan salah satu kandungan dari kalsium atau melatonin bisa membangunkan tidur anda dan akan mengalami kesulitan lagi untuk tidur.
  • Niacin

    Depresi dan kegelisahan mampu mengganggu tidur anda dan kandungan niacin ini mampu meredakan depresi dan kegelisahan sehingga membantu anda cepat tidur.

3.  Oatmeal


Insomnia? 4 Makanan Yang Membantu Cepat Tidur

Oatmeal memiliki beberapa kandungan yang sama dengan Almond, yaitu magnesium dan melatonin. Seperti yang dijelaskan di atas, magnesium mampu melawan depresi dan kegelisahan dan melatonin mampu mengembalikan regulasi jam tidur tubuh anda. Oatmeal juga memiliki vitamin B komplex seperti B6 dan B3 yang mampu meningkatkan kandungan - kandungan yang mampu membantu anda cepat tidur.

4. Pisang


Insomnia? 4 Makanan Yang Membantu Cepat Tidur

Mengkonsumsi pisang sebelum anda tidur mampu membuat anda cepat tidur karena kandungan di dalam pisang hampir sama seperti kandungan yang dimiliki almond. Dua item makanan ini sama sama memiliki amino acid tryptophan yang merupakan 2 kunci produksi neurotransmitter yaitu melatonin dan serotonin, dan juga magnesium. 

Kandungan lain yang dimiliki pisang adalah potasium yang bekerja secara harmonis dengan magnesium untuk meredakan depresi dan kegelisahan sehingga dapat membantu anda cepat tidur. Selain potasium, pisang juga memiliki vitamin B6 yang membantu memproduksi tryptophan sehingga melatonin dan serotonin dalam tubuh meningkat.

Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan di atas adalah jika anda ingin menyembuhkan insomnia, maka anda harus mengkonsumsi makanan - makanan yang mengandung acid tryptophan yang merupakan 2 kunci terproduksinya neurotransimitter yaitu melatonin dan serotonin, magnesium yang membantu merelaksasi otot anda, kalsium yang mampu membantu kinerja melatonin, dan kandungan lain yang bisa meredakan depresi dan kegelisahan seperti niacin. Dan jangan lupa vitamin B6 yang bekerja secara bagus dengan magnesium dan membantu memproduksi serotonin dan melatonin.

Semoga dengan adanya artikel ini mampu menambah wawasan kita dan anda semua bisa sembuh dari insomnia sehingga kualitas tidur kita menjadi bagus.


EmoticonEmoticon