Senin, 11 Desember 2017

Faktor Dan Latar Belakang Bangsa Eropa Datang Ke Indonesia

Tags

Faktor - faktor dan latar belakang bangsa Eropa datang ke Indonesia. Ada beberapa faktor dan latar belakang kenapa bangsa Eropa datang ke Indonesia. Negara kita sangat terkenal akan kekayaan alam yang bukan main melimpah terutama rempah - rempah. Dahulu para pedagang Gujarat (India), Persia, dan Arab membawa barang dagangan yang mereka dapatkan dari Indonesia ke Negara – Negara timur tengah dan kemudian dijual ke orang – orang Eropa. Dan pada suatu masa dimana bangsa Eropa terpaksa harus mencari sendiri tanpa melakukan jual beli dengan Negara – Negara penyedia bahan – bahan yang mereka inginkan. Itu adalah salah satu alasan kenapa bangsa Eropa jauh – jauh datang ke Indonesia.


Kali ini Tafakta.com akan menjelaskan beberapa faktor dan latar belakang bangsa Eropa datang ke Indonesia. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca setia.

1. Perang Salib


Perang Salib adalah rangkaian perang agama antara Islam dan Kristen untuk menguasai tempat suci mereka. Perang yang berlangsung antara tahun 1096 hingga 1291 terjadi sebanyak 8 kali dan menyisakan Islam sebagai pemenangnya. Adapun dampak dari perang salib tersebut yaitu:
  • Dengan kalahnya Kristen, secara otomatis jalur perdagangan dengan Timur Tengah tidak bisa dilanjutkan. Maka dari itu mereka harus mencari cara lain.
  • Bangsa Eropa sadar jika mereka tidak maju seperti Timur Tengah dari segi teknologi maupun perdagangan. Maka dari itu mereka belajar membuat kapal, berlayar, dan menggunakan kompas. Bangsa Eropa juga berhasrat untuk melakukan bisnis dengan Negara – Negara di dunia.
  • Dan dampak yang terakhir adalah dendam karena telah kalah dari Negara Timur Tengah.

2. Penjelajahan Samuidra

 
Setelah bangsa Eropa belajar untuk membuat kapal, berlayar, dan menggunakan kompas. Tentu saja mereka memiliki keinginan untuk menjelajahi samudra. Berikut adalah faktor - faktor yang mendorong bangsa Eropa ingin menjelajahi Samudra:
  • Adanya semangat ingin untuk menaklukan umat - umat Islam (Reconquista).
  • Jatuhnya Konstantinopel yang merupakan ibu kota Imperium ke tangan Dinasti Usmani Turki. Dan juga pusat jalur perdagangan Eropa.
  • Keinginan untuk mendapatkan rempah – rempah.
  • Terinspirasi kisah perjalanan Marcopolo (1254-1324), seorang pedagang dari Venesia Italia ke Cina yang dituangkan dalam buku Book of Various Experience (Imago Mundi) yang mengisahkan tentang keajaiban dunia.
  • Keinginan 3G, yaitu keinginan untuk memperkaya diri (Gold), keinginan untuk menyebarkan agama Nasrani (Gospel), dan keinginan untuk mencari kejayaan dan kemuliaan (Glory).
  • Ingin membuktikan Teori Copernicus dan Galile Galilei.

3. Perkembangan Ilmu Pengetahuan


Karena bangsa Eropa sadar jika tertinggal dari Negara Timur Tengah dalam ilmu pengetahuan, maka dari itu mereka bersemangat untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Penemuan saat itu yang terkenal adalah membuat kapal, tehnik berlayar, cara menggunakan kompas dan mesiu untuk persenjataan prajurit.

Dengan terjadi faktor –faktor tersebut, bangsa Eropa harus memperluas ekspansi mereka. Ada yang menggunakan jalan keras seperti penjajahan, dan ada juga yang dengan cara lebih baik yaitu dengan berdagang. Faktor – faktor dan latar belakang bangsa Eropa datang ke Indonesia.


EmoticonEmoticon