Kamis, 28 Desember 2017

Beberapa Buah Paling Sehat di Dunia

Beberapa Buah Paling Sehat di Dunia
Buah Paling Sehat

Ada banyak sekali jenis buah -buahan di dunia ini. Selain rasanya yang enak, buah juga mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang sangat bagus bagi tubuh kita. Dan kali ini tafakta.com akan membahas tentang macam - macam buah paling sehat yang ada di dunia seperti yang dilansir di viralventura.com. Mari langsung saja kita ke masuk pembahasan topik ini.

Buah Paling Sehat di Dunia


1. Jeruk.


Manfaat jeruk yang pertama bagi kesehatan tubuh kita adalah buah ini kaya akan citrus limonoids. Kandungan tersebut dipercaya mampu melawan berbagai macam penyakit kanker seperti kulit, paru - paru, dada, perut dan juga usus besar. Dan menurut 2 studi di Jepang, jeruk mandarin mempunyai carotenoids yang juga melawan kanker liver. Carotenoids di dalam jeruk yang dikonversikan menjadi vitamin A juga bisa menjaga kesehatan mata kita.

Meminum jus jeruk secara teratur bisa menghambat dan mengurangi resiko penyakit ginjal. Tetapi dengan catatan minum dengan porsi normal saja. Karena gula yang terdapat pada jus buah mampu merusak gigi dan tingginya acid dapat mengakibatkan lapisan luar gigi mengikis.

Berikut adalah alasan - alasan lain kandungan dalam buah jeruk yang menjadikan buah ini sebagai salah satu buah yang paling sehat.

  • Serat larut jeruk mampu menurunkan kolesterol.
  • Menjaga dari penyakit - penyakit karena kaya akan vitamin C sehingga tubuh kita tetap sehat.
  • Melimpahnya Polyphenols berfungsi untuk melawan infeksi virus.
  • Potasium yang membatu kinerja jantung.
  • Serat diet yang melegakkan konstipasi.
  • Flavonoid Hesperidin dan magnesium berfungsi mengatur tekanan darah.
  • Beta Carotene yang berfungsi dari radikal bebas.

2. Kiwi


Jika anda mengira lemon dan jeruk adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi, maka anda salah. Ada peneliti menjelaskan 100 gram buah kiwi mengandung 154% vitamin C. Sedangkan lemon dan jeruk hanya separuh dari nilai tersebut. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas yang bisa saja menyebabkan inflamasi dan kanker.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Taipei, mengatakan jika banyak sekali studi yang mengungkapkan buah kiwi memiliki komponen - komponenis medis seperti antioksidan dan serotonin. Dua kandungan tersebut bermanfaat bagi orang yang mengalami gangguan tidur.


Buah kiwi juga memiliki fiber diet sama seperti jeruk yang melindungi anda dari penyakit - penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Leeds, mengkonsumsi makanan yang kaya akan fiber diet bisa menurukan resiko terkena penyakit kardiovascular dan jantung koroner.

Berikut adalah manfaat lain buah kiwi beserta kandunga di dalamnya:

  • Enzim Actinidain yang berfungsi mencerna protein.
  • Mengandung Vitamin B6 atau folate yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.
  • Sumber Vitamin dan Mineral. Yaitu Vitamin A, B6, B12, dan E dan potassium, iron, calcium dan magnessium.

3. Anggur


Anggur memiliki antioksidan kuat yaitu polyphenols dan juga anti inflamatory dan properti antioksidan. Salah satunya adalah resveratrol yang terdapat di anggur merah. Kandungan ini memperlambat pertumbuhan tumor di getah bening, liver, perut, dada, usus besar, kanker kulit dan leukimia. Resveratol juga mampu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dengan cara menghambat kelebihan trombosit, mengurangi tekanan darah dan resiko ritme jantung yang tidak biasa.

Pada tahun 2013, studi yang dilakukan British Medical Journal (BMJ) yang diikuti 187.382 partisipan selama 22 tahun menyarankan beberapa buah mungkin mampu mengurangi diabetes untuk orang dewasa. Bagi orang yang selama seminggu megkonsumis 3 porsi buah blueberry, anggur, kismis, apel atau pir mempunya persentasi 7% lebih kecil kemungkinannya terjangkit dua jenis diabetes.

Berikut adalah manfaat lain buah anggur beserta kandungannya.

  • Fiber yang mampu mengatasi konstipasi.
  • Memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mampu menjaga kesehatan mata.
  • Resveratrol yang digunakan bersamaan dengan benzoyl peroxide bisa mengatasi acne.

4. Buah Naga


Buah naga sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini merupakan salah satu aset yang kuat bagi kekebalan tubuh anda dan ini juga bisa menstimulasi antioksidan lain di tubuh anda. Kandungan tersebut secara aktif mencari dan menghabisi radikal bebas dan bypodruk dalam metabolisme cell berbahay dalam tubuh yang bisa mengakibatkan kanker dan penyakit jantung. Carotene juga terdapat di dalam buah naga. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengurangi ukuran tumor.

Selain vitamin C, buah satu ini juga mempunyai kandungan vitamin B1, B2, dan B3 yang mampu menjaga tekanan darah, kesehatan kulit, tingkat kolesterol hingga fungsi tiroid dan carbohdrate metabolism.

Seperti buah - buah di atas, buah naga juga memiliki fiber tinggi yang mampu melegakkan konstipasi.

5. Cherry


Cherry manis mempunyai index glikemik di angka 22 lebih rendah dari buah aprikot, anggur, persik, bluberry dan plum. Sehingga buah ini bisa menjadi snack yang baik dari pada buah - buah lainnya bagi orang yang terkena diabetes.

Cherry memiliki melatonin yang mampu membantu regulasi tidur anda kembali normal.. Minum jus cherry 30 menit setelah bangun tidur dan 30 menit sebelum makan malamu. Perlu anda ketahui tart cherry mengandung melatonin lebih banyak dari pada chery manis.

Buah ini dipercaya mampu mengurangi ukuran perut. Peneliti - peneliti menemukan tikus yang diberi makan bubuk tart cherry, sebagai cara diet, pertumbuhan berat badan dan ukuran perutnya tidak sebesar tikus yang tidak diberik makan tart cherry.

Anthocyanins yang merupakan pigmen dari tart cherry berupa warna merahnya, mampu mengurangi resiko kolesterol tinggi, tekanan darah dan diabetes (Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Sistem Kesehatan Michigan)

Cheey memiliki level antioksidan paling tinggi dari pada buah - buah lain. Antioksidan tersebut membantu tubuh melawan radikal bebas yang membuat anda terlihat tua. Universitas Negeri Michigan merekomendasikan jus cherry sebagai perawatan alternatif untuk kondisi kulit lainnya.

Berikut adalah manfaat lain dari buah Cherry:

  • Mengkonsumsi buah cherry mampu mengurangi resiko serangan encok sebesar 35%.
  • Jus tart cherry dipercaya mampu mengurangi sakit otot.
  • Potassium membantu mengatur ritme jantung, tekanan darah dan resiko hipertensi.
  • Studi membuktikan jus cherry dua kali sehari mampu meredakan osteoarthritis.

6. Blueberry


Blueberry sangat terkenal sebagai buah yang rendah kalori tetapi tinggi akan nutrisi - nutrisi. 148 gram blueberry memiliki:

  • Fiber: 4 gram
  • Vitamin C: 24% AKG
  • Vitamin K: 36% AKG
  • Manganese: 25% AKG
  • Dan sedikit nutrisi - nutrisi lainnya.
Bluberry juga dipercaya mengandung jumlah antioksidan paling banyak dari pada buah - buahan dan sayur - sayuran lainnya. Komponen utama antioksidan yang terdapat pada blueberry menjadi milik polyphenols yang disebut flavonoids.

Seperti antioksidan pada buah - buah diatas, mampu mengurangi kerusakan DNA yang mengakibatkan penuaan dini, mencegah kanker, mengatur tekanan darah, penyakit jantung, dan meningkatkan memori otak.

Kesimpulan yang bisa diambil dari buah - buahan di atas adalah mereka memiliki kandungan antioksidan yang mampu menghambat banyak sekali jenis - jenis penyakit berat dan ringan. 

Jadi rahasia kenapa mereka dikategorikan menjadi buah paling sehat di dunia adalah karena kandungan antioksidan di dalamnya. Selain buah - buahan di atas, Apel dan Pisang juga dikatakan memiliki kandungan antioksidan.


EmoticonEmoticon