Minggu, 24 Desember 2017

Begini Cara Begadang Sehat Tanpa Minum Kopi

Tags

Begini Cara Begadang Sehat Tanpa Minum Kopi


Begini Cara Begadang Sehat Tanpa Minum Kopi.  Minum kopi adalah suatu kebiasaan bagi orang - orang yang ingin tetap terjaga atau begadang hingga pagi hari. Tetapi sering terjadi terhadap seseorang  yang menjadikan kopi sebagai rutinitas, sehingga mereka merasakan ada yang kurang ketika mereka tidak minum kopi. Mengkonsumsi kopi sebagai cara begadang memang tidak ada salahnya, tetapi jika terus menerus meminum minuman satu ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Kopi memiliki zat yang membuat kita kecanduan untuk minum kopi yaitu cafein. Tapi tahukah anda jika ada cara lain begadang sehat tanpa minum kopi?


Berikut adalah riset tentang dampak - dampak caffein terhadap tubuh kita yang perlu anda ketahui:
  • Kopi 4 kali sehari mampu mengakibatkan kematian lebih awal.
  • Mengkonsumsi caffein mampu meningkatkan tekanan darah.
  • Mampu mengakibatkan serangan jantung bagi remaja dan orang dewasa
  • Mampu mengakibatkan sakit sakit encok
  • Menyebabkan insomnia
  • Menyebabkan sakit kepala
  • Dan masih banyak dampak buruk lainnya.
Kali ini tafakta.com akan membahas tentang bagaimana cara untuk tetap terjaga di malam hari atau begadang, dengan cara sehat tanpa meminum minuman yang bisa membuat kita kecanduan. Langsung saja menuju ke pembahasan yang pertama.

1. Bergerak


Cara begadang sehat tanpa minum kopi yang pertama adalah dengan bergerak. Kita semua tahu ketika menggerakkan tubuh dapat membantu darah melakukan sirkulasi di dalam tubuh. Stretching mampu menjadi cara yang sangat bagus untuk tetap terjaga di pagi hari atau pun di malam hari Ada banyak sekali cara stretching di internet yang bisa anda lakukan. Ada beberapa studi seperti yoga yang dapat membantu menjalani aktivitas anda sejak pagi hari.

Cara begadang ini bisa saja dilakukan karena tidak membutuhkan biaya sedikit pun. Anda bisa mencari materi stretching di internet sehingga anda bisa melakukan pergerakan ini dengan benar.

2. Apel


Cara kedua bagi anda yang ingin begadang sehat tanpa minum kopi adalah dengan memakan buah apel. Buah ini terkenal dengan sebutan "buah yang menjauhkan anda dari dokter". Buah ini mampu membantu meningkatkan pernapasan dan juga memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin, phytoneutrient, anti oksida dan fiber yang mampu menjaga tubuh tetap aktif.

Apel tidak memiliki caffein tetapi mempunyai gula yang berfungsi hampir sama dengan caffein. Vitamin di dalam apel dikeluarkan secara perlahan ke seluruh tubuh dan membuat tubuh anda terasa lebih aktif.

3. Olahraga


Cara satu ini lebih bagus dari pada melakukan stretching dan juga yoga. Olahraga sangat terkenal karena mampu membuat tubuh melepaskan kimia endhorphins atau rasa yang menimbulkan kesenangan yang dapat memberikan anda mood yang bagus.

Cara sehat begadang satu ini memang sedikit merepotkan. Saran dari saya olahraga yang harus anda lakukan hanya melakukan lari kecil. Sehingga anda tidak perlu begadang dengan minum kopi.

4. Berjalan


Kita bisa melihat bagaimana bapak - bapak yang melakukan ronda pada malam hari. Mereka tetap sangat terjaga karena badan mereka tetap aktif dengan melakukan jalan kaki. Seperti contoh - contoh di atas seperti stretching, yoga dan berolahraga, berjalan juga mampu membuat membuat tubuh kita tetap aktif dan sirkulasi darah tetap bekerja.


5. Mandi dengan Air Dingin


Cara ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari karena ada dampak yang buruk jika anda terus melakukannya. Tetapi pasti ada waktu di mana anda diharuskan begadang karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan esok hari. Mandi dengan air dingin sangat terbukti untuk membuat anda tetap terjaga. Tetapi tetap perlu anda ingat jangan melakukan langkah ini secara terus menerus. Lakukanlah jika keadaan memang benar - benar mendesak atau saat anda memang merasakan kantuk yang tidak ter-tahankan.

6. Minum Air Putih


Cara ini dibuktikan karena ada anjuran minum air putih setelah bangun pagi. Langkah ini akan lebih efektif jika menggunakan air dingin. Cara satu ini benar - benar menolong untuk mendorong aliran darah ke otak sehingga memicu pelepasan beberapa adrenalin yang mampu membantu anda bergerak.

7. Teh


Mungkin minum air putih dingin tidak membantu anda tetap terjaga, cobalah menggantinya dengan teh hangat. Teh hangat juga memiliki kandungan caffein tetapi tidak sebanyak kopi. Manfaat lain dari teh yaitu dapat meredakan tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu langkah ini bisa merupakan cara sehat begadang tanpa minum kopi.

Demikianlah beberapa cara bagi anda jika ingin begadang sehat tanpa minum kopi. Semoga dengan adanya artikel ini anda bisa mengurangi intensitas minum kopi anda dan beralih ke hidup yang lebih sehat dari sebelumnya.

2 comments

Keluargaku di rumah maniak banget dengan kopi, bisa dibilang cuma aku yg nggak terlalu suka kopi.. Mereka kaya udah kecanduan gitu, hhh
Tipsnya bermanfaat banget nih

Yang penting masih dalam batas wajar sis huhu


EmoticonEmoticon