Selasa, 26 Desember 2017

5 Kopi Termahal Di Dunia

Tags

Kopi Termahal Di Dunia

Kopi Termahal Di Dunia. Kopi sudah menjadi kebutuhan sehari - hari bagi sebagian orang di Indonesia. Di luar sana ada banyak sekali produk kopi yang di-kemas sehingga kita semua mampu untuk membelinya. Tetapi pernahkah anda berpikir kenapa kopi asli bisa memiliki harga yang sangat tinggi? Kali ini tafakta.com akan memberikan beberapa jawaban yang akan menjawab pertanyaan tersebut.


Jawaban yang pertama adalah karena usaha kopi merupakan industri yang tidak stabil. Tanaman kopi itu sendiri mampu menjadi rentan dan rapuh; inovasi dan eksperimen yang mampu berpotensi kehilangan barang dalam jumlah banyak sehingga pada akhirnya akan dijual dengan harga yang tinggi; fluktuasi pasar komersial karena faktor yang tidak terduga; dan yang terakhir adalah peminat kopi yang berubah. Maka dari itu petani, roaster dan barista memberikan harga tinggi untuk mengurangi resiko kerugian tersebut dan mendapatkan keuntungan dari penjualannya.

Mungkin sebagian orang mengira proses kopi bisa sampai ke tangan anda yaitu hanya dari petani kopi, barista kemudian baru bisa anda nikmati. Prosesnya tidak seperti itu. Masih ada proses lagi sebelum kopi sampai ke barista. Satu contohnya yaitu pemilihan kopi yang cacat untuk menjaga kualitas kopi tetap baik dan masih banyak lagi proses - prosesnya. Dan yang membuat kopi makin mahal yaitu proses tersebut belum menggunakan teknologi canggih, dengan kata lain masih menggunakan pekerjaan manusia.

Masih ada banyak faktor lagi yang membuat kopi begitu mahal. Bahkan tempat anda membeli kopi mungkin bisa menjadi salah satu faktor karena kebanyakan anak muda zaman sekarang menyukai tempat - tempat atau cafe yang bagus.

Ya memang ada produk kopi yang sudah di-kemas seperti yang anda lihat di pasaran, memiliki harga yang rendah. Produk - produk tersebut memiliki gula, garam, pewarna, dan kopi yang digunakan pun campuran dari biji kopi yang bagus dan tidak bagus. Bahkan ada perasa makanan yang memiliki rasa yang hampir sama dengan kopi. Tetapi kita semua tahu jika perasa tersebut berbahaya. Dan pada akhirnya, cita rasa dari kopi asli itu hilang dan tidak memiliki kualitas.

Kali ini tafakta.com akan memberitahu anda tentang kopi termahal di dunia beserta price tag atau harga dari kopi tersebut.

5. Kopi Molokai (Hawai)


Kopi Termahal Di Dunia
Perkebunan Kopi Kualapuu Penghasil Kopi Molokai

Kopi satu ini di-banderol seharga $52 per setengah kilogram. Hawai merupakan satu - satunya daerah Amerika Serikat yang kondisi cuaca dan tanahnya mampu ditanami kopi. Yang membuat kopi satu ini mahal adalah racikannya dan sulit untuk ditemukan.

4. Kopi St. Helena


Kopi Termahal Di Dunia
Napoleon Bonaparte

Sejarah dari kopi St. Helena yaitu ketika Napoleon Bonaparte terpikat dengan cita rasa kopi satu ini dan kemudian mengembangkannya sendiri. Sejak kedatangannya kopi satu ini terus berkembang hingga saat ini. Bonaparte pernah mengatakan jika satu - satunya yang menarik dari St. Helena adalah kopinya.

Pulau ini terletak di 1.200 mil dari pantai barat Afrika, dan di peta dunia pulau ini terletak hampir di tengah - tengah Samudra Atlantik. Banyak orang berpendapat jika kopi ini memiliki harga yang tinggi karena daerahnya terisolasi dan membutuhkan biaya transportasi yang mahal. Tetapi jangan salah, kualitas rasa floral yang tidak tertandingi juga menjadikan kopi ini mahal, harganya pun bisa $79 per setengah kilo.

3. Kopi Ospina


Kopi Termahal Di Dunia

Keluarga Ospina mengakui jika perkebunan kopi mereka merupakan salah satu perkebunan yang paling tua di Kolombia. Maka dari itu, keluarga tersebut mengira mereka memiliki pengalaman yang lebih untuk membuat kopi yang berkualitas. Pohon kopi membutuhkan 3 sampai 5 tahun untuk memulai produksi, dan karena alasan itu sangat sulit bagi orang untuk menentukan jenis kopi yang bagus. Harga kopi ini adalah $120 per setengah kilo.

2. Kopi Luwak


Kopi Termahal Di Dunia

Ya kopi luwak ternyata menempati urutan ke-2 dalam kopi termahal di dunia. Tetapi tetap saja cita rasa yang dihasilkan masih yang terbaik di antara kopi - kopi lainnya. Maka dari itu kopi ini pantas menjadi kopi terbaik di dunia dan menjadi salah satu kopi termahal di dunia dengan harga $160 per setengah kilogram-nya.

Yang membuat kopi ini mahal yaitu cara memprosesnya dengan menggunakan bantuan hewan luwak. Setelah biji kopi selesai dalam tahap seleksi, kemudian biji tersebut akan di berikan ke hewan luwak untuk di makan. Dan biji tersebut di proses menggunakan pencernaan hewan tersebut. Ya anda tidak salah membacanya, saya ulangi lagi cara prosesnya yaitu menggunakan pencernaan luwak. Setelah biji kopi dicerna, luwak akan mengeluarkan feses berupa biji kopi utuh.

1. Kopi Hacienda La Esmeralda (Panama)


Kopi Termahal Di Dunia

Harga fantastis dari kopi ini bisa mencapai hingga $350 per setengah kilogram dan pernah mendapatkan pelelangan terbaik Panama kategori alam pada tahun 2013. Mahalnya Hacienda La Esmeralda ini karena biji kopi satu ini sangat langka dan peminatnya juga tidak sedikit.

Demikianlah macam - macam kopi termahal di dunia. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa menambah wawasan kita dan bisa menjadi referensi bagi anda semua peminat kopi.


EmoticonEmoticon