Senin, 20 Maret 2017

Fakta Menarik Tentang Burung Lovebird (LB)

 Fakta Menarik Tentang Burung Lovebird


Fakta menarik tentang lovebird (LB) yang mungkin kicau mania belum tahu. Burung lovebird (LB) selain dipelihara juga dimanfaatkan untuk kompetisi bagi para kicau mania Indonesia. Daya jual burung cantik satu ini juga bisa dikatakan sangat tinggi. Tidak heran jika banyak pecinta burung yang membudidayakan jenis hewan terbang ini. Untuk menambah pengetahuan tentang burung lovebird (LB), kali ini saya akan menjabarkan fakta fakta menarik tentang burung ini yang mungkin kicau mania belum tahu:

Tahukah teman teman jika burung ini dikategorikan sebagai hewan monogamous atau hewan yang hidup hanya dengan satu pasangan saja selama hidupnya. Jenis burung ini mencapai kedewasaan sexual ketika umurnya mencapai 10 bulan. Maka dari itu, para kicau mania harus berhati hati jika ingin mengganti pasangan lovebir (LB) anda dengan yang baru. Karena Lovebird yang tidak menyukai pasangannya biasanya malah berkelahi, saling melukai bahkan membunuh pasangannya.

Jika salah satu pasangan Lovebird (LB) dipisahkan atau mati, besar kemungkinan burung tersebut akan bertingkah aneh menirukan pasangan yang telah mati atau bisa disebut dengan depresi. Perlu diingat - ingat jika anda memelihara burung ini, sangat dianjurkan untuk memberikan pasangannya.

Tidak hanya manusia yang bisa saling menyuapi makanan dengan pasangannya, burung Lovebird (LB) juga bisa. Saat masa - masa depresi dipisahkan dengan pasangannya, maka burung ini akan melakukan saling suap untuk mengikat hubungan mereka dengan pasangan yang baru.

Ada 9 macam burung lovebird yaitu Agapornis Roseicollis (Muka Salem), Agapornis Canus (Lovebird Madagascar), Agapornis Pullaria (Lovebird Muka Merah), Agapornis Personatus (Lovebird Kacamata Topeng), Agapornis Fischeri (Lovebird Kacamata Fischer), Agapornis Lilianae (Lovebird Kacamata Nyasa), Agapornis Nigrigenis (Lovebird Kacamata Pipi Hitam), Agapornis Taranta (Lovebird Abisinia), dan yang terakhir adalah Agapornis Personata.

Asalkan para kicau mania tahu bahwa burung lovebird juga bisa membawa penyakit zoonotik atau penyakit yang menular dari hewan ke manusia begitu juga sebaliknya. Para peneliti menemukan lovebird yang terjangkit bakteri Cryptococcus neoformans yang berdampak menginfeksi manusia. Bukti lainnya yang ditemukan bahwa burung ini juga membawa parasit Encephalitozoon Hellem.


EmoticonEmoticon